Gawat, Jatim Tertinggi Kedua Di Indonesia Penderita HIV/AIDS

01/12/2016
1,112 Views

 

Portaltiga.com : Jawa Timur (Jatim) merupakan Provinsi kedua tertinggi penderita HIV setelah DKI Jakarta. Dari 191.073 orang terinfeksi HIV di Indonesia, 57.321 orang diantaranya berasal dari Jatim.

“Jatim terbanyak kedua setelah Jakarta. Di Jatim ada 57.321 orang, kalau Jakarta 92.920 orang terinveksi HIV,” kata Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul), usai mengikuti pencanangan Gerakan Tes HIV dalam rangka hari AIDS se- Dunia yang digelar di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (1/12).

Secara rinci, Gus Ipul menjelaskan dari 57 ribu orang, baru 36.881 orang atau 64 persen yang terdeteksi keberadaannya. Sementara sisanya masih terus dicari untuk mendapatkan penanganan sedini mungkin.

“Untuk itu, perlu peran semua pihak agar para penderita segera ditangani. Mereka harus dibawa ke puskesmas atau rumah sakit untuk segera diobati,” ujarnya.

Menurutnya, penderita HIV masih bisa diobati jika segera ditangani sebelum berubah menjadi AIDS. Lain halnya dengan penderita AIDS agak susah untuk disembuhkan hingga berujung kematian.

“Saat ini jumlah penderita AIDS di Jatim mencapai 17.394 orang. Dari jumlah tersebut yang meninggal mencapai 3 persen atau sebanyak 3.679 orang,” paparnya.

Penderita HIV/AIDS, lanjut Gus Ipul, sebenarnya fenomena gunung es, yaitu semakin giat pemerintah dan masyarakat melakukan pemberdayaan maka semakin banyak pula jumlah penderita yang akan ditemukan.

Selama ini, untuk penderita HIV biasanya dicegah agar tak sampai menderita AIDS. Sedangkan untuk yang sudah AIDS maka dirawat di beberapa rumah sakit khusus yang memang telah ditunjuk pemerintah.

“Kami sudah ada sembilan kabupaten/kota yang punya puskesmas dan rumah sakit khusus. Nanti akan terus kita perbanyak sehingga penanganan bisa optimal,” ucap Ketua Komisi Penanggulan HIV/AIDS Jatim. (Bmw)

Leave A Comment