portaltiga.com
Umum

Garda Bangsa Terjunkan 5 Ribu Personil Amankan Natal dan Tahun Baru

Portaltiga.com – Dewan Koordinasi Wilayah (DKW) Garda Bangsa Jawa Timur (Jatim) menerjunkan 5 ribu personil untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru. Lima ribu personil itu tersebar di seluruh kota dan kabupaten di Jatim.

“Kurang lebih segitu (5 ribu) personil yang kita kerahkan. Kita ingin Jatim tetap kondusif di perayaan Natal dan Tahun Baru ini,” kata Ketua DKW Garda Bangsa Jatim Amir Aslichin di Surabaya, Ahad (24/12/2017).

Secara rinci, Amir menyebut lima ribu aanggota Garda Bangsa tersebut, berasal dari 38 kab/kota di Jatim. Masing- masing daerah mengerahkan 100 personil. Mereka ditempatkan di tempat peribadatan atau gereja.

Tidak hanya itu, pengamanan juga di pusat keramaian juga menjadi skala prioritas. “Ini instruksi DKW kepada 38 DKC Garda Bangsa. Kita tidak ingin Jawa Timur tidak kondusif oleh pihak yang ingin mengacak-acak NKRI,” ujarnya.

Pihaknya mencium hembusan tidak sedap, jika akan ada aksi sweeping dilakukan oleh pihak tertentu. “Tapi, dengan adanya rasa toleransi yang terjalin cukup baik, kenekatan itu tidak terjadi,” ucap anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo ini.

Dalam pengamanan ini, Garda Bangsa tidak bekerja sendirian. Mereka nantinya akan berkoodinasi dengan aparat kepolisian di masing-masing ke wilayahan. Ditambah lagi, kearifan lokal yang sangat mengetahui kondisi psikologis masyarakat sekitarnya.

“Selain menggandeng polisi, Garda Bangsa juga merangkul organisasi kepemudaan lainnya. Jika ada yang mencurigakan atau yang ingin berbuat rusuh, amankan dan serahkan ke polisi. Tugas kita hanya siap berada di garis depan jika ada pihak mengacaukan keutuhan dan kondusifitas Jawa Timur,” jelasnya.

Komandan Komando Garda Bangsa (KGB) Jatim, Junaidi Abdillah, menambahkan, seluruh personil yang dikerahkan sudah sangat terlatih dalam melakukan pola pengamanan. Sebagai organisasi kepemudaan Partai Kebangkitan Bangsa, Garda Bangsa tidak hanya berkutit di lingkaran politik saja.

“Kita juga ikut menjaga keutuhan NKRI maupun kemanusiaan dan sosial. Kalau ada yang sweeping, kita siapkan jurus (pendekatan humanis) ala pesantren yang biasa kita lakukan. Saya yakin, aparat sudah siap, apalagi KGB juga memback up kerja aparat selama mengamankan Natal dan tahun baru,” tegasnya. (bmw/abi)

Related posts

Jalan Nasional di Jatim Siap Hadapi Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

admin

Gus Ipul: Malam Tahun Baru di Jatim Aman dan Kondusif

admin

Tiap Tahun Baru Pasien RSUD dr Soetomo Melonjak, Ini Sebabnya

admin