Headline News

Garam mengandung kaca itu HOAX

18/08/2017
89 Views

Portaltiga.com – Di tengah langkanya garam, melambung isu meresahkan masyarakat terkait kandungan serbuk kaca dalam garam beryodium. Sontak, publik dibuat geger, was-was, dan ketar ketir akan mencuatnya isu tersebut.

Namun hal itu dibantah oleh Kepala Balai Besar Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BBPOM) Surabaya, Dra Hardaningsih dalam konferensi pers singkat pagi tadi, Jumat (18/08/2017).

Setelah melalui investigasi dan serangkaian uji laboratorium, BBPOM dengan tegas menyatakan bahwa isu tersebut adalah hoax.

Uji lab difokuskan pada enam macam garam yang diduga mengandung serbuk kaca. Yaitu antara lain merek Ibu Bijak, Dua Anak Pintar, Karapan Sapi, dan Sari. Produksi pengolah garam dari Surabaya, Gresik, Pati Jawa Tengah, dan Madura.

“Sampling enam macam garam tidak ada partikel kaca dan telah memenuhi syarat. Kabar garam mengandung kaca itu hoax dan sangat mengganggu masyarakat, baik produsen maupun konsumen,” tegas Hardaningsih, Jumat (18/08/2017).

Untuk investigasi sendiri telah dilakukan sejak beberapa minggu lalu, melalui uji laboratorium. Selanjutnya, BBPOM menginstruksikan untuk menghentikan penyebaran isu yang terlanjur viral tersebut.

“Garam-garam yang diviralkan hoax dan kita sudah siapkan upaya mengantisipasi sebaran hoax ini,” pungkasnya. (die)

Leave A Comment