portaltiga.com
Headline Umum

Gandeng Aisyiyah Kota Probolinggo, Unicef Targetkan 95 Persen Populasi Kota Sudah Diimunisasi Difteri

Portaltiga.com – Badan PBB yang mengurusi masalah anak dan pengungsi Unicef menggandeng PD Aisyiyah Kota Probolinggo, Universitas Airlangga dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim untuk mensweeping anak-anak di Kota Probolinggo untuk semakin meningkatkan jumlah anak-anak yang diimunisasi Difteri tahap ketiga.

CSD Specialist Unicef Pulau Jawa Armunanto menjelaskan pemilihan Kota Probolinggo didasari pada kurang maksimalnya program imunisasi Difteri tahap ketiga yang masih berada di kisaran 65 persen. Jumlah ini masih belum mencapai target 95 persen dari jumlah populasi yang berusia 1-19 tahun dapat diberikan imunisasi Difteri hingga akhir bulan Desember 2018.

“Cakupan (Imunisasi) di Indonesia itu baru sekitar 73 persen padahal imunisasi yang baik bisa melindungi masyarakat minimal 95 persen,” jelasnya saat ditemui di kantor PDA Kota Probolinggo, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Probolinggo, Senin (17/12/2018).

Ia juga menjelaskan masyarakat perlu menyadari pentingnya melakukan imunisasi, khususnya difteri karena Indonesia diperkirakan akan mendapatkan bonus demografi pada tahun 2030 mendatang. Untuk itu, setiap pihak harus berpartisipasi untuk menyelamatkan generasi Indonesia agar terhindar dari penyakit.

“Dimana anak-anak ini akan menduduki posisi yang strategis, apabila tidak dipersiapkan sekarang, maka anak-anak ini akan menjadi beban kita karena anak-anak tidak dapat bersaing dengan negara lain,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Walikota Probolinggo terpilih Moch Shoufis Subri menjelaskan, kerjasama dengan berbagai lintas sektor dan sosialisasi imunisasi difteri halal dirasa sangat perlu untuk mengurangi rasa ragu masyarakat agar semakin sadar imunisasi sekaligus mengurangi KLB di Kota Probolinggo.

“Karena dari informasi yang dari Unicef ini, sebenarnya untuk difteri ini sudah terlabel halal, cuma sosialisasinya kurang masif,” jelasnya. (tea/tea)

Related posts

Puisi Bertema Azimat 3M Melawan Pandemi

admin

Anak Rentan Harus Terlindungi di Tengah Pandemi Covid-19

admin

Unicef dan PLN Tegaskan Anak Berkebutuhan Khusus adalah Masa Depan

admin