Gagasan LRT Dan Subway, Pengamat: Sangat Visioner

Portaltiga.com – Gagasan transportasi modern light rail transit (LRT) dan kereta bawah tanah (Subway), merupakan ide visioner.

Diketahui, gagasan LRT dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Subway dari Wakil Walikota Surabaya, Whisnu Sakti Buana terus dikongkritkan.

’’Keduanya (LRT – Subway) itu bagus. Sangat visioner,” kata Pengamat Transportasi Publik Surabaya, Gigih Prihantono.

Ditemui Selasa (26/11/2019), Gigih menerangkan keduanya memiliki konsep yang berkesinambungan. LRT dibagun untuk memudahkan sarana transportasi publik penghubung wilayah Gerbangkertasusila.

Sementara, Subway menjadi alternative transportasi pisah dengan jalan yang berada dibawah tanah. Gigih menyarankan agar kedua pemerintahan ini duduk Bersama.

Tujuannya untuk Bersama-sama menentukan titik wilayah yang menjadi penyambung (baca; interkonekting) zona ekonomi wilayah yang dilalui.”Agar nantinya tidak tumpang tindih. Apalagi kedua mega proyek ini sudah dilirik investor asing,” terang akademisi Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Unair ini.

Terlebih, kedua moda transportasi modern ini bertujuan memudahkan warga.’’Bagi penumpang yang bekerjanya di Surabaya bisa menggunakan LRT lalu bisa melanjutkan ke tempat kerja dengan Subway. Dengan begitu bisa sama-sama menekan volume kepadatan kendaraan,” terang Gigih. (tea/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »