Eropa Akan Menetapkan Fitur Rem Otomatis Agar Pengendara Mobil Tak Tabrak Tiang

21/11/2017
27 Views

Portaltiga.com – Parlemen Eropa berencana menetapkan Fitur rem otomatis pada setiap mobil pada Maret 2018 mendatang.

Saat ini, beberapa mobil di eropa sudah melengkapi fitur rem otomatis. Tapi, tak semua mobil punya fitur keselamatan tersebut untuk saat ini. Di masa depan, fitur rem otomatis bakal jadi keharusan. Terlebih di Eropa.

Menurut parlemen Eropa, semua mobil harus dilengkapi dengan sistem pengereman darurat otomatis (automatic emergency braking/AEB) agar meminimalisir tabrakan terhadap objek yang dapat menimbulkan tabrakan. .

Keputusan ini lahir setelah badan keselamatan industri Thatcham Research– yang telah bekerja sebagai bagian dari uji coba keselamatan Euro NCAP sejak 2004–mengungkapkan bahwa 70 persen mobil baru tidak dilengkapi dengan fitur itu. Sejumlah perangkat keselamatan tambahan telah dibuat untuk mobil baru dalam beberapa tahun terakhir, tapi parlemen Eropa ingin membuat rem otomatis menjadi fitur standar untuk semua mobil baru.

“Kami sepenuhnya mendukung parlemen Eropa unuk kenyamanan standar teknologi keselamatan mobil utama seperti pengereman darurat otomatis. Pengereman darurat otomatis dapat menyebabkan pengurangan 38 persen tabrakan,” kata CEO Thatcham Research Peter Shaw.

Selain di Eropa, produsen mobil di Amerika Serikat juga menyetujui untuk mengaplikasikan fitur rem otomatis sebagai standar mulai 2022.

Sistem AEB ini dibuat untuk memperkecil kecelakaan di jalan. Fitur ini dilengkapi dengan kamera, radar, unit kontrol, dan sistem pengereman yang sangat halus.

Di dalam kabin biasanya akan ada lampu indikator yang memberi peringatan kepada pengemudi bahwa ada objek di depan yang membahayakan. Alarm juga turut memberi peringatan. Kalau tidak ada reaksi dari pengemudi untuk mengerem, sistem rem otomatis akan aktif untuk mengurangi kecepatan mobil secara bertahap.

Nah, kalau ada rem otomatis mungkin tak ada lagi mobil yang tabrak tiang, ya? Sebelum tabrak tiang, mobil sudah ngerem sendiri. (dtc/tea)

Leave A Comment