Erlangga Satriagung Jabat Dirut PT PWU Jatim

Porltaltiga.com – Dalam sepekan ini Gubernur Jawa Timur Soekarwo melakukan penyegaran jajaran komisaris dan direktur di beberapa Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jatim.

Terbaru, Dirut PT Panca Wira Usaha (PWU) Jatim Basanto digantikan Erlangga Satriagung mantan Dirut PT Jatim Graha Utama (JGU). Beberapa hari sebelumnya, jajaran komisaris di PT BPD Jatim juga dilakukan penyegaran.

Menanggapi penyegaran jajaran direksi PT PWU Jatim, Soekarwo mengatakan hasil performen audit yang dilakukan pihak ketiga menyatakan bahwa perusahaan tersebut kurang bagus kinerjanya sehingga sulit meraup keuntungan.

“Dalam berbagai diskusi sudah sering saya katakan bahwa kalau kita tidak melakukan perubahan birokrasi enterprenership eperti itu maka BUMD akan selalu bergantung APBD atau PAD. Padahal sudah 4 tahun stagnan dan pembangunan harus terus dilakukan,” tegas Pakde Karwo sapaan akrab Soekarwo, Sabtu (1/9/2018).

Solusi yang diharapkan dari penyegaran jajaran direksi BUMD Jatim, lanjut Pakde Karwo adalah Dirut yang baru bisa merancang dan mencari pembiayaan di luar negara melalui financial engineering (rekayasa pembiayaan) seperti Public Privat Partnership (PPP) atau Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

“Makanya kita butuhkan orang-orang di bidang keuangan yang bisa merancang rekayasa pembiayaan diluar negara supaya pembangunan bisa terus dilakukan,” ungkap Gubernur Jatim.

Terpisah, anggota Komisi C DPRD Jatim Anwar Sadad mengapresiasi upaya Gubernur Jatim Soekarwo melakukan penyegaran jajaran direksi di lingkungan PT PWU Jatim. Sebab, kinerja PT PWU Jatim kurang memuaskan bahkan beberapa program yang dirancang macet seperti pembangunan apartemen dan hotel di kawasan jalan A Yani Surabaya.

“Mudah-mudahan Dirut PT PWU Jatim yang baru bisa memajukan BUMD Jatim yang memiliki aset cukup banyak sehingga bisa memberikan PAD yang signifikan,” pungkas politisi asaal Partai Gerindra. (abd/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION