portaltiga.com
Headline Umum

Enam Solusi Jokowi Untuk Penanggulangan Bencana 2019

Portaltiga.com – Presiden RI Joko Widododi sela kunjungan ke Jawa Timur, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana 2019 di JX Internasional Expo Surabaya, Sabtu (2/2/2019) pagi.

Dalam arahannya, Jokowi menyampaikan enam hal. Pertama, meminta kepala daerah dan Bappeda untuk segera memulai perencanaan pembangunan di daerah yang dilandaskan aspek pengurangan resiko bencana. Apalagi negara Indonesia berada dalam garis cincin api.

Kedua, Presiden meminta agar massif melibatkan akademisi dan pakar kebencanaan untuk meneliti titik-titik mana yang rawan bencana. Para peneliti ini kemudian meneliti dan mengkaji potensi bencana yang dimiliki.

Kemudian yang ketiga, apabila ada kejadian bencana maka Gubernur akan menjadi komandan satgas darurat, dan pangdam serta kapolda menjadi wakil komandan satgas.

Keempat, Presiden Jokowi meminta agar segera membangun sistem peringatan dini terpadu berbasis rekomendasi hasil kajian para akademisi dan pakar kebencanaan

Selanjutnya yang kelima, melakukan edukasi kebencanaan yang harus dimulai tahun ini baik di masyarakat maupun sekolah terutama di daerah rawan bencana. Untuk itu papan peringatan, rute evakuasi juga harus disiapkan, jangan sampai ketika ada bencana masyarakat berlari tanpa arah.

“Terakhir, lakukan simulasi latihan penanganan bencana secara berkala dan teratur untuk mengingatkan masyarakat secara berkesinambungan sampai tingkat paling bawah atau RT RW sehingga masyarakat betul betul siap menghadapi bencana,” tambah Jokowi. (fey/abi)

Related posts

Ibu Kota Indonesia Pindah, Bagaimana Nasib Jakarta?

admin

Presiden Jokowi: Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Indonesia Kejar Target Bersaing Secara Global

admin

Jokowi Anugerahi 4 Tokoh Ini Gelar Pahlawan

admin