Empat Skenario Kemenangan Pilgub Jatim 2018

Portaltiga.com – Pada survei yang digelar dalam rangka mengukur dinamika perilaku pemilih jelang Pilgub Jatim 2018, Surabaya Survey Center (SSC) meramu empat skenario yang mampu memenangkan salah satu paslon dalam pilgub Jatim tanggal 27 Juni nanti.

Skenario pertama, kemenangan ada dipihak  pasangan KIP-Emil, jika Cut off. Dimana besaran suara undecided voters dianggap sebagai golput, sehingga komposisi perolehan suara menjadi 52,86 % untuk KIP-Emil, dan 47,14%  untuk GI-Puti. Skenario kedua, masih dimenangkan pasangan KIP-Emil, jika besaran suara undecided voters terlimpahkan semuanya pada KIP-Emil, sehingga komposisi perolehan suara KIP-Emil 57,9% dan GI-Puti 42,1%.

Skenario ketiga, kemenangan akan diperoleh pasangan GI-Puti, dengan catatan besaran angka undecided voters dilimpahkan semuanya kepada GI-Puti dengan komposisi perbandingan suara GI-Puti 52,8% sedangkan KIP-Emil 47,2%. Skenario keempat, melengkapi kemenangan KIP-Emil dengan catatan besaran angka undecided voters dibagi sama rata pada kedua paslon, sehingga komposisi suara menjadi 52,55% untuk KIP-Emil dan 47,45% untuk GI-Puti.

“Merujuk pada skenario ini, tentu saja kubu KIP-Emil boleh berbesar hati. Namun jika kubu GI-Puti bermanuver dan mampu memaksimalkan kerja tim dengan menonjolkan segala potensi yang dimiliki Puti, maka kubu KIP-Emil sebaiknya harus berpikir ulang untuk hanya cukup dengan kebanggaan itu,” jelas Direktur utama SSC, Mochtar W. Oetomo, Jumat (22/6/18).

Menurut Mochtar, mengingat popularitas KIP dan GI sudah diatas 90 persen, siapa yang pandai memainkan peran dan mengembangkan strategi dalam aksi-aksi pemenangan yang brilliant, maka tak menutup kemungkinan paslon yang mampu mengeksplor wakilnya dan memanfaatkan momentum sebaik mungkinlah yang akan memenangkan pertarungan.

Survei dengan metode multistage random sampling ini dilakukan pada tgl 04 -13 Juni 2018 di 38 kabupaten/kota di Jatim. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan margin of error +/-3%, level of confidence 95% dan jumlah sampel 1.070 responden. Sebagai bentuk kendali mutu, survei ini di lengkapi dengan spot check, callback hingga intensive control. (doy/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION