Emil Dardak Ajak Mahasiswa ITB asal Jatim Ikut MJC

Portaltiga.com – Sebuah pengalaman ditunjang dengan ilmu pengetahuan yang saat ini sedang ditempuh oleh para mahasiswa akan menghasilkan nilai yang positif bagi masyarakat suatu saat nanti.

Hal tersebut disampaikan pada saat Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto menjadi narasumber pada Studium General Kuliah Umum – 4078 di Aula Barat Institut Teknologi Bandung (ITB), Rabu (20/3/2019).

Ia mengatakan, lewat dirinya meyakini, bahwa mahasiswa ITB yang sedang menempuh pendidikan setelah lulus, ilmunya bisa diterapkan di tengah-tengah masyarakat. “Saya yakin mahasiswa ITB bisa menerapkan semua ilmu yang dimiliki ketika nanti mengabdi di masyarakat. Jangan takut dengan ilmu yang terbatas, tapi yakinlah ilmu yang dimiliki bisa bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Seusai menghadiri Stadium General Kuliah Umum-4078, Wagub Jatim menemui Mahasiswa ITB asal Jatim. Emil mengajak mahasiswa ITB asal Jatim setelah lulus bisa kembali ke Jatim sebagai ladang pengabdian mereka.

Dihadapan mahasiswa Jatim asal ITB yang hadir, Emil menawarkan kepada mahasiswa program dari Pemprov Jatim yakni Milenial Job Center (MJC) guna menjembatani aspirasi dari lapangan pekerjaan yang diinginkan oleh generasi milenial.

Berdasarkan riset dari alvara, IDN research institue IDN, ALVARA research centre, diperoleh bahwa aspirasi pekerjaan pemuda milenial sebesar 55,4% sebagai pengusaha.
Emil menjelaskan, lapangan pekerjaan saat ini sudah mulai bergeser yang dulunya harus memiliki kantor besar, namun berubah menjadi tempat-tempat strategis yang cukup terkoneksi dengan internet.

Terdapat jenis-jenis pekerjaan milenial yang membutuhkan penyesuaian skill. Antara lain, Web Develope, Content Creator, Event Organizer, Game Developer, Animation Developer, 3D Specialist dan Digital Marketing. Juga profesi seperti Hacking Programmer, Social Media Management, Lighting, Sound Specialist, Travel and Food Blogger dan sejenisnya.

Oleh karena itu, melalui MJC pemerintah hadir guna memberikan fasilitas kepada generasi milenial untuk belajar dengan profesi yang berkembang sesuai perkembangan zaman.(fey/fey)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION