Elektabilitas Kalah Tipis, Tapi Khofifah Unggul di Basis Gus Ipul

Portaltiga.com – Berdasar hasil survei Surabaya Survey Center (SSC) Surabaya, elektabilitas pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak masih kalah tipis dengan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Azwar Anas.

Namun demikian, Khofifah-Emil yang diusung Partai Demokrat, Golkar dan Hanura itu berhasil unggul di beberapa kantong yang selama ini menjadi basis Gus Ipul-Anas.

“Di Madura misalnya, yang selama ini identik dengan Gus Ipul karena kultur NU cukup kuat, ternyata dari hasil survei yang kita lakukan, pasangan Khofifah-Emil mampu mengungguli pasangan Gus Ipul-Anas,” Imam Sofyan, peneliti senior SSC, Kamis (14/12/2017).

Diterangkan, Khofifah-Emil lebih unggul dengan 35 persen dukungan. Sementara, Gus Ipul-Anas hanya mendapatkan 31,3 persen saja.

Menurut Imam, keunggulan Khofifah-Emil di kandang bagi pasangan Gus Ipul-Anas tersebut, merupakan buah dari pendekatan personal yang dilakukan Menteri Sosial tersebut dengan tokoh-tokoh di Madura.

“Salah satunya adalah munculnya surat dukungan dari 1000 kiai di Madura untuk Khofifah. Tentunya itu meningkatkan elektabilitas Khofifah di Pulau Madura,” kata pria yang juga dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Trunojoyo Madura (UTM) itu.

Ditegaskan, kiai yang memberikan dukungan itu bukan sembarang kiai. Mereka ini kiai yang memiliki pengaruh karena sering bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Basis massa mereka sangat besar dan solid. Bukan kiai yang biasa muncul di media. Jadi ya wajar kan kalau Khofifah sekarang sangat kuat di Madura,” tambah Imam. (ars/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION