portaltiga.com
Umum

Dukung Aktifitas Pelabuhan, PT KAI Hidupkan Jalur Lama Di Gresik

ilst (infogresik.info)

portaltiga.com:PT Kereta Api Indonesia Daop 8 Surabaya akan menghidupkan kembali jalur kereta api lama mulai dari stasiun Indro, Gresik hingga menuju pelabuhan Gresik, Jawa Timur.
Jalur sepanjang 3 km tersebut, nantinya akan digunakan sebagai angkutan kereta barang agar pengiriman logistik yang melewati Gresik bisa beroprasi langsung membantu kelonggaran aktifitas bongkar muat di pelabuhan.

Manajer Aset PT KAI Daop 8 Surabaya, Djainuri, menegaskan‎ Jalur sepanjang 3 kilo meter yang dipergunakan dari stasiun ke pelabuhan, nantinya bisa akses langsung ke Mojokerto.
“Ya seperti jalur di pelabuhan perak Surabaya. Kereta api sudah bisa masuk pelabuhan di Surabaya dan membantu percepatan pengiriman.” ujar Djainuri, (21/2)

Namun, lanjut Djainuri, untuk memanfaatkan jalur peninggalan Belanda tersebut, PT KAI masih terkendala rumah-rumah yang berdiri di samping rel. Sediktnya ada 100 kepala keluarga yang melibatkan 400 jiwa yang harus dilakukan pembebasan lahan.

Saat ini, lanjut Djainuri, pihaknya tengah melakukan pendataan jumlah KK yang mendapat pembebasan lahan. Sementara awal Maret baru dilakukan sosialisasi. “Makanya kita berharap agar warga yang berada di lokasi kereta api tersebut, bisa paham dan mengerti. Ini demi perekonomian Gresik sendiri.” terang Djainuri.(Bud)