portaltiga.com
Headline Umum

Duh! Jelang Asian Games, Wilayah Hutan Sumatera Alami Kebakaran

Portaltiga.com – Menjelang perhelatan olah raga terbesar se-Asia, kebakaran lahan meninpa sejumlah wilayah di Pulau Sumatera. Pemantauan melalui citra satelit pada Selasa pagi menunjukkan keberadaan 169 titik panas indikasi awal kebakaran hutan dan lahan.

Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, titik panas paling banyak ada di Provinsi Riau (90) diikuti Sumatera Selatan (13), Bangka Belitung (27), Sumatera Utara (22), Sumatera Barat (10), Jambi (empat), dan Lampung (3).

Khusus di Riau, 57 dari 90 titik panasnya merupakan titik api dengan indikasi kebakaran dengan tingkat keyakinan di atas 70 persen.

“Rokan Hilir paling banyak titik api karena mencapai 42 titik,” kata Sukisno Kelapa BMKG Stasiun Pekanbaru.

Selain itu, ada 10 titik api di Kabupaten Bengkalis serta masing-masing satu titik api di Kampar, Pelalawan, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Kota Dumai.

Satuan tugas pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan Riau terus melakukan upaya pemadaman dari darat dan udara. Pemadaman kebakaran dari udara dilakukan dengan mengerahkan empat helikopter pengebom air. (ant/tea)

Related posts

Hobi Blusukan Hutan, Cak Ilyas Dapat Rejeki. Apa Itu?

admin

DPRD Jatim Desak Dinas Kehutanan Lakukan Rehabilitasi

admin

Musim Kemarau Sebabkan Kebakaran di Gunung Cikurai

admin