Dua Bulan Setelah IPO, MARI Membagikan Deviden

Portaltiga.com, JAKARTA – Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Mahaka Radio Integra Tbk memutuskan untuk membagikan dividen final untuk laba konsolidasi tahun buku 2015 sebesar Rp 16,1 miliar. Jumlah tersebut setara dengan Rp 5,10 per lembar saham.

Pembagian dividen ini dilakukan dua bulan setelah perseroan melakukan penawaran perdana saham (initial public offering/IPO) di Bursa Efek Indonesia, Februari 2016 lalu. Selama 2015, emiten berkode MARI ini berhasil membukukan laba bersih konsolidasi sebesar Rp 32,3 miliar.

Sedangkan, dividen interim yang sudah dibagikan sebelumnya tercatat Rp 13,4 miliar. “Selama lima tahun terakhir, perseroan mampu mempertahankan tingkat profitabilitasnya dengan rata-rata return on investment (ROI) sebesar 14,15 persen, rata-rata profit margin sebesar 24,86 persen, dan rata-rata EBITDA margin sebesar 50,75 persen,” ujar Direktur Utama MARI Adrian Syarkawie di Jakarta, Selasa (26/4).

Adrian menjelaskan, pembagian dividen pada RUPS pertama ini dilakukan sebagai suatu komitmen perseroan yang menjanjikan ROI yang sangat tinggi persentasenya. Perseroan ingin membuktikan bahwa perusahaan sehat dan mampu menghasilkan profit.

Hal ini kemudian dibuktikan dengan pembagian dividen. “Sehingga, pemegang saham melihat MARI perusahaan yang sehat dan ROI bisa dipertanggungjawabkan,” katanya.

Menurut Adrian, perseroan juga berkomitmen untuk membagikan dividen sebesar 50 persen dari laba bersih konsolidasi setiap tahunnya. “Komitmen manajemen konsisten membayarkan dividen sebesar 50 persen. Tapi, tentu saja value dari rupiah dan saham itu harusnya juga naik,” ujarnya.

Pada tahun ini MARI menargetkan pertumbuhan yang signifikan pada beberapa indikator finansial, yaitu target pertumbuhan pendapatan bersih sebesar 18 persen dan pertumbuhan laba komprehensif sebesar 24 persen. Target tersebut sekitar dua kali lipat lebih dari peningkatan pendapatan bersih pada tahun sebelumnya yang tercatat 7,30 persen.

Menuju target tersebut, pada kuartal I perseroan telah berhasil mencapai pertumbuhan pada pendapatan bersih sebesar 15,30 persen, laba operasi sebesar 33,27 persen, dan laba komprehensif sebesar 49,08 persen dibandingkan dengan pencapaian perseroan pada kuartal I 2015.

Adrian mengatakan, untuk mencapai target tersebut, manajemen akan memaksimalkan kinerja tiga radio utama grup MARI, yaitu 101 Jak FM Jakarta, 98.7 Gen FM Jakarta, dan 103.1 Gen FM Surabaya, serta digital apps-nya.

“Itu akan membantu siginifikan net revenue untuk tumbuh,” kata Adrian. Ihwal aksi korporasi, Adrian menyebut, pada kuartal IV tahun ini, MARI berencana untuk mengakuisisi salah satu radio di Jakarta. Menurut Adrian, meski baru akan on air pada kuartal IV, radio tersebut akan dapat membantu pencapaian target walaupun belum signifikan.

Komisaris Utama MARI Erick Thohir menambahkan, manajemen optimistis akan adanya pertumbuhan yang positif untuk MARI pada tahun ini. “Melihat adanya pertumbuhan yang positif pada seluruh indikator finansial yang terjadi pada 2015, kami optimistis MARI akan tumbuh positif sesuai target,” ujar Erick.

JOIN THE DISCUSSION