portaltiga.com
Headline Umum

DPRD Jatim Wacanakan PPKM Lokal

Portaltiga.com – Wakil Ketua DPRD Jatim Anik Maslachah mengusulkan untuk penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) lokal di sejumlah daerah di Jatim. Wacana ini muncul karena kenaikan angka kematian akibat Covid-19. Kesadaran protokol kesehatan (Prokes) masih sangat rendah.

“Saya melihat saat PPKM diberlakukan di sejumlah daerah di Jatim, malah menunjukkan angka kematian naik. Daerah yang masuk zona kuning, tak diberlakukan PPKM. Lebih baik diberlakukan PPKM lokal di tingkat kecamatan atau desa untuk menekan pandemi,” ungkap Anik Maslachah, Kamis (28/1/2021).

BACA JUGA: Jumatan di Masjid Jami’ Malang, Wagub Jatim Sosialisasi PPKM

Wanita yang juga sekretaris PKB Jatim ini mengatakan saat turun ke beberapa daerah pinggiran, banyak masyarakat kurang sadar dalam menerapkan prokes dalam aktivitas sehari-hari.

“Saya sering jumpai kerumunan hingga tak menggunakan masker. Minim sekali penerapan prokes untuk masyarakat di tingkat akar rumput atau di daerah pinggir. Oleh sebab itu lebih ideal untuk diberlakukan PPKM lokal,” jelas wanita asal Sidoarjo ini.

Anik lalu mengatakan pihaknya melihat kesadaran masyarakat di daerah padat untuk penerapan prokes sudah tinggi.

“Yang saat ini menjadi perhatian pemerintah harus masyarakat pinggiran. Di sana kesadaran masyarakat untuk penerapan 3 M berkurang,” pungkas Anik. (wan/abi)

Related posts

Politisi Golkar Kritik Pelaksanaan Program Gubernur

admin

Kenang Semangat 45, DPRD Jatim Apresiasi Gerak Jalan Mojokerto-Surabaya

admin

DPRD Jatim Kawal Pelaksanaan Perda Prokes di Probolinggo

admin