portaltiga.com
Umum

DPRD Jatim Apresiasi OJK dan BNI 46 Kucurkan KUR Petani Porang Mojokerto

Portaltiga.com – Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak mengikuti kegiatan pencanangan budidaya porang petani binaan Koperasi Produsen “Tonggak Semi” Ponpes Segoro Agung di Mojokerto, Jumat (8/10/2021).

“Saya mewakili Pemprov Jatim dan DPRD Jatim mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dan serta Direksi BNI 46 yang memberi support konkret petani porang,” kata politisi Golkar Jatim ini .

Menurut Sahat, Jawa Timur yang memiliki potensi komoditas pertanian baru yaitu porang. Nilai ekspor porang pada tahun 2020 mencapai Rp932,6 miliar. Dengan negara tujuan Jepang, Tiongkok, Taiwan, Vietnam, dan Thailand. Sehingga ini merupakan peluang yang menjanjikan untuk terus ditingkatkan.

Peran Ponpes Segoro Agung sangat serius membantu petani porang. “Kami juga berterima kasih karena OJK dan BNI 46 memberi kerpercayaan kepada Ponpes Segoro Agung untuk memberdayakan petani melalui Gapoktan dan koperasi. Saya berharap ini menginspirasi ponpes di daerah lain agar ikut memperhatikan nasib petani di derah daerahnya,” harapnya.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan potensi komoditas porang harus dapat memberikan nilai tambah tidak hanya kepada perusahaan pengolah porang tetapi juga kepada petani.

“Penyaluran KUR di Kabupaten Mojokerto diharapkan dapat membantu para petani komoditas porang untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian,” papar Wimboh.

Sementara, pimpinan Ponpes Segoro Agung KH Agung Bimo Agus Sunarno juga menyampaikan terima kasih dan mendoakan OJK dan BNI 46 makin sukses. “Ini sangat sangat luar biasa saya doakan keluarga OJK dan BNI 46 seluruh Indonesia akan dijauhkan dari balak dan bencana, sukses OJK sukses BNI 46,” ungkap dia.

Acara pelaksanaan penyaluran KUR Klaster Pertanian Porang di Mojokerto, sekaligus penyerahan bantuan senilai Rp99 juta berupa mesin pencuci, mesin peranjang, oven dan mesin pembuat tepung porang.

Turut hadir dalam kesempatan itu Komisi XI DPR RI Sarmuji, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, dan Direktur Bisnis UMKM BNI Muhammad Iqbal, Kepala OJK Regional 4 Jatim Bambang Mukti Riyadi, dan Pemimpin Wilayah Surabaya BNI Gunawan Putra. (wan/abi)

Baca Juga: Sahat Apresiasi Dinas Kehutanan Jatim Raih Juara Lomba Wana Lestari