Dokter Muda Ini Berikan Layanan Kesehatan Gratis Dari Sampah

Portaltiga.com – Sampah bagi sebagian orang terdengar seperti benda yang tak berguna. Tapi di tangan dokter yang satu ini, sampah dapat dimanfaatkan masyarakat khususnya bagi masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik.

Adalah dr. Gamal Albinsaid, sosiopreneur yang memiliki inovasi mencetuskan Klinik Asuransi Sampah atau Garbage Clinical Insurance untuk masyarakat miskin.

“Melalui program ini, masyarakat cukup menyerahkan sampah senilai Rp 10.000 setiap bulan dan mereka akan mendapatkan jaminan kesehatan mulai layanan kesehatan primer, sekunder, dan tersier,termasuk operasi dan rawat inap,” jelasnya.

Sejak usia muda, Gamal terbilang telah menjadi pemuda yang cemerlang. Semasa kuliah ia telah meraih 12 penghargaan ilmiah dari berbagai universitas di Tanah Air. Tak hanya itu, dia meraih penghargaan HRH The Prince of Wales Young Sustainability Entrepreneur Prize 2014 yang diselenggarakan oleh Cambridge University, Inggris, dan Unilever.

Inovasi Gamal inipun bahkan mendapat apresisasi dari Presiden Vladmir Putin saat ia diundang ke Rusia untuk memberikan inspirasi di hadapan 25.000 peserta dari 150 negara di dunia dalam acara World Festival of Youth and Students ke-19 yang diselenggarakan pada 15 Oktober 2015.

Jiwa mudanya juga tak pernah berhenti untuk berinovasi. Pria kelahiran 8 September 1989 ini terus mengembangkan diri dengan terus menjadi sosiopreneur yang sangat menginspirasi.

Ia pun lantas menggagas Siapa Peduli pada tahun 2017. Yaitu platform crowdfunding pembiayaan kesehatan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu mendapatkan dana kesehatan dengan pendekatan digital, media sosial, dan gerakan kerelawanan.

“Melalui program ini masyarakat yang kurang mampu dan membutuhkan bantuan kesehatan cukup mendaftar di Website atau aplikasi mobile atau menelpon call center,” katanya.

Selain itu, dirinya juga menggagas terwujudnya InMed. Aplikasi layanan kesehatan digital yang memudahkan masyarakat mendapatkan layanan kesehatan.

“InMed berusaha mewujudkan one stop service for healthcare. InMed telah secara konsisten menghadirkan tenaga kesehatan langsung di rumah orang-orang yang kurang mampu,” pungkasnya.

Kini ia ingin untuk memberikan manfaat ke lebih banyak orang. Salah satunya adalah maju menjadi calon Wali Kota Surabaya pada Pilwali 2020 mendatang. (tea/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »