Disnakertrans Luncurkan Mobil Training Unit untuk Petani, Nelayan dan UMKM

Portaltiga.com – Mobil Training Unit yang akan berkeliling ke desa-desa guna memberikan pelatihan bagi petani, nelayan dan pelaku UMKM resmi diluncurkan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

“Dengan Mobil Traning Unit ini, kami berharap pelaku usaha di desa mendapatkan nilai tambah dan bisa lebih sejahtera,” kata Setiadjit di sela-sela mengikuti sidang paripurna DPRD, Senin (18/9/2017).

Menurut Setiadjit, pelatihan yang dilakukan akan menyesuyaikan kebutuhan masyarakat di desa. Pada sektor pertanian misalnya, pelatihan akan dilakukan dengan memberikan bekal produksi paska panen.

Selama ini masyarkat di desa ternyata malah menjual gabahnya ke kota kemudian mereka cenderung membeli beras untuk konsumsi dari kota.

Dengan pelatihan ini, para petani juga akan dibantu untuk mendapatkan link pabrik penggilingan padi sehingga mereka bisa menjual hasil panennya berupa padi dan tidak lagi berupa gabah.

Sedangkan untuk pelaku UMKM, pelatihan akan dilakukan dengan cara memberikan bekal packaging, hak paten serta membantu pemasaran.

Dengan mobil traning unit ini, Setiadjit berharap laju urbanisasi serta transmigrasi dan menjadi TKI yang selama ini masih menjadi primadona pencari kerja dari desa, bisa ditekan. (ssn/tea)

About the author

Related

JOIN THE DISCUSSION