Diserang Haters karena Film Yowis Ben Berbahasa Jawa, Ini Jawaban Bayu Skak

Portaltiga.com – Youtuber asal Malang Bayu Skak diserang para haters lantaran film Yowia Ben menggunakan 90% dialog bahasa Jawa di film ini. Film perdana karya Bayu ini dikomentari negatif bahkan secara berlebihan dianggap akan memecah belah bangsa.

Menanggapi itu semua, Bayu pun tidak terpancing dan tetap woles. “Menurut saya itu normal sih. Dan ini adalah sebuah pembuktian. Banyak orang yang meremehkan budaya kami. Misalnya ada drama di TV, yang pakai gombal (kain serbet/lap) kan Wong Jowo. Itu kan dietrek-etrek. Bangsa kami diremehkan. (Kesannya) Orang Jawa ya pembantu. Tapi ini kan kita mencoba sesuatu yang besar, ini pembuktian. Bahwa orang Jawa, cerita yang saya tulis ini bisa tayang di bioskop seluruh Tanah Air, ini pembuktian,” ungkapnya.

Dirinya juga menyebutkan berbagai hujatan yang diterimanya di media sosial. Mulai dari hujatan kepada dirinya pribadi, hingga olok-olokan kepada seluruh bangsa Jawa.

“Wah banyak sekali ya. Kalau misalnya kalian bilang ke saya, saya goblok, saya oon itu nggak masalah, saya sering seperti itu. Tapi kalau bilangnya, di komen-komen (sosial media) yang bikin sakit hati itu, ‘Jawa goblok nih’, kan itu berarti seluruh orang Jawa kalian olok-olok. Jangan digituin dong,” tutupnya. (klc/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION