Disaksikan Mendagri, Pemprov Jatim Tandatangani Loan Agreement Dengan Bank Jatim

 
Portaltiga.com: Untuk meningkatkan daya saing produk dan menggerakkan Usaha Industri Primer, Pemprov Jatim memiliki strategi untuk menyalurkan fasilitas pembiayaan yang terintegrasi kepada perbankan guna meningkatkan taraf hidup rakyat Jatim. Hal ini diimplementasikan melalui penandatanganan Perjanjian Pemberian Pinjaman (loan agreement) antara Pemprov Jatim dengan PT. Bank Jatim, Tbk, di Kantor Pusat Bank Jatim, Jalan Basuki Rakhmad No. 98-104 Surabaya, Kamis (18/02).

Penandatanganan ini dilakukan oleh Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo dengan Direktur Utama Bank Jatim, R. Soeroso, dan disaksikan oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo. “Dengan adanya penandatanganan loan agreement ini, dana yang berasal dari APBD Jatim Tahun 2016 sebesar 400 Milyar Rupiah akan disalurkan melalui skema Linkage Program dengan BPR milik Pemprov dan BPR milik Pemkab/pemkot, serta melalui unit mikro dan Unit Usaha Syariah Bank Jatim”, ujar Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim.

Menurutnya, kondisi ekonomi Jatim selama 3 tahun belakangan ini terus meningkat. Fungsi uang pemerintah atau stimulusnya selama 3 tahun ini sebesar 6,54% terhadap total PDRB, dimana 54,98% berasal dari sektor UMKM. Artinya, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) punya bagian penting untuk mengisi kekurangan belanja di daerah.

Ia menambahkan, ada sekitar tujuh BUMD di Jatim yang pendapatan dan kinerjanya terus meningkat. Pertama, PT. Bank Pembangunan Daerah Jatim (Bank Jatim) sampai dengan Tahun 2015, setoran PAD sebesar 2,53 Triliun Rupiah. Bank Jatim sendiri akan memperluas ekspansi dengan membuka kantor cabang di Batam, Kupang, Manado, Makassar dan Banjarmasin untuk mendukung program Pemprov Jatim dalam bidang perdagangan antar daerah. Kedua, PT. BPR Jatim (Bank UMKM Jatim), setoran PAD sampai dengan Tahun 2015 berjumlah 56,62 Milyar Rupiah. Ketiga, PT. Panca Wira Usaha Jatim yang bergerak di bidang jasa konstruksi, properti dan Industri, dengan salah satu usahanya Jatim Expo, sampai dengan 2015, setoran PAD sebesar 35,86 Milyar Rupiah.

(Yudhie)

JOIN THE DISCUSSION