portaltiga.com
Umum

Dinas Pertanian Rumuskan Jatim Tempat Lumbung Pangan Terbesar Indonesia

Portaltiga.com – Dinas pertanian dan Ketahanan Pangan Jawa Timur (jatim) telah berhasil mencapai beberapa rumusan bahwa Jatim adalah tempat lumbung pangan terbesar di Indonesia.

Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim, Ir. Hadi Sulistyo M.Si melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan pangan telah berusaha semaksimal mungkin agar produksi terus meningkat.

“Maka dalam hal ini Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan sudah berupaya semaksimal mungkin agar stok produksi yang ada di Jatim semakin tahun semakin meningkat yaitu dengan cara melakukan segala usaha ke tingkat petani untuk menigkatkan produksi pertanianya,” ujar Ir Hadi Sulistyo MSI saat memberikan keterangannya di Hotel Aria, Senin (18/12/2017).

agar stok produksi di wilayah Jatim tetap aman, diperlukan upaya berkelanjutan dan mempertahankan peruntukan lahan agar tidak semakin berkurang.

“Oleh karena itu, tentunya kita harus melakukan dan mempertahankan lahan pertanian yang berkelanjutan yang ada di jawa timur agar tidak berubah peruntukanya. Karena ini tiap tahun peruntukan lahan pertanian selalu berkurang oleh karena itu kita harus mempertahankan dan tiap kabupaten harus membuat Perda untuk LP2B (lahan pertanian Pangan Berkelanjutan) tersebut supaya tidak berubah alih fungsinya,” ujarnya.

Hadi juga menilai bahwa fokus tanaman yang ditanam di Jatim menjadi hal yang penting dalam upaya meningkatkan infrastruktur pertanian.

“Kemudian untuk meningkatkan infrastuktur pertanian supaya prouduksi semakin meningkat kita akan melaksanakan kegiatan yang lain yang tentunya tidak hanya khusus tanaman pajale ( padi ,jagung, kedelai) tapi untuk tanaman yang lain supaya meningkat produksinya ,karena orang masyarakat di jawa timur mengatakan kalau belum makan beras kayaknya belum makan,” katanya.

Hadi pun berharap keanekaragaman pangan di Jatim terus meningkat agar lebih bermanfaat bagi masyarakat Jatim pada khususnya.

“Oleh karena itu keanekaragaman pangan di Jatim ini agar bisa meningkat dan bisa di manfaatkan masyarakat khusunya di jatim, dengan diadakan rapat pleno tadi harapanya kita telah mendapatkan 9 hasil rumusan yang perlu tindak lanjuti oleh kabupaten kota yaitu meningkatkan keaneka ragaman produksi tanaman pangan, pengembangan cadagan pangan dan fasilitas harga, pengembangan agro industri pangan, penganeka ragaman konsumsi pangan, peningkatan produksi pangan dan gizi masyarakat, penaganan keamanan pangan, pengembangan bisnis pangan, pemantapan kelembagaan pangan, pengembangan SDM pertanian,” jelasnya.

Hadi pun berharap rumusan yang ada akan mampu dijalankjan dan ditindak lanjuti oleh kabupaten/ kota di Jatim.

“Dengan ini, hasil rumusan yang ada di rapat pleno yang di gelar di hotel aria jl tais nasution no 37, supaya nantinya kedepan dari 9 kebijakan ini segera dijalankan dan di tindaklanjuti oleh tiap kabupaten kota masing masing,” pungkasnya. (dny/tea)