Diklat Dokter Cilik, Latih Siswa SD Muhammadiyah 4 Surabaya Raih Cita-cita

Portaltiga.com – SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya menggelar diklat dokter cilik (dokcil) di RS Bedah Manyar, Kamis (16/11/2017). Para siswa pun mengikuti kegiatan tersebut dengan penuh perhatian.

Diklat dibuka oleh Direktur RS Bedah Manyar dr Priyanto Swasono MARS. Lalu ada sambutan dari Kepala SD Muhammadiyah 4 Surabaya Edy Susanto.

Diklat Dokcil diawali dengan kegiatan materi seperti briefieng dari pihak rumah sakit. Masuk materi pertama safety breifing oleh Dinda Rahmaniar SKM. Materi yang diberikan misalnya, penanganan saat ada kebakaran atau gempa.

Jika ada gempa anak-anak mengamankan diri bersembunyi di tempat yg aman seperti lantai. Bila kebakaran segera keluar melalui jalur evakuasi seperti tangga darurat.

Materi selanjutnya mengenai kesehatan gigi yang disampaikan drg Roosanti. Paras siswa diajari cara membersihkan dan menggosok gigi dengan benar, di waktu pagi dan malam setelah makan.

Materi tentang perilaku hidup sehat diberikan oleh dr Nikita. Dalam kehidupan sehari-hari, siswa diajari cuci tangan dengan benar menggunakan sabun atau pembersih tangan.

Dilanjutkan hospital tour. Di UGD, para siswa melihat penanganan pasien masuk. Kemudian di ambulance melihat isi dan perlengkapannya.

Para siswa juga diajak ke ruang CT SCAN, laboratorium, dan ke klinik gigi melihat dokter gigi melakukan penanganan gigi berlubang dan perawatan gigi.

“Alhamdulillah diklat dokter cilik berjalan dengan baik dan anak-anak dapat belajar dengan senang,” kata Kepala SD Muhammadiyah 4 Surabaya Edy Susanto. (humas sdm 4 sby/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION