Diduga Kena Efek Gempa Palu, Kolam Renang Di Juanda Viral Di Medsos

Portaltiga.com – pasca gempa yang menimpa Palu dan sekitarnya, Berbagai peristiwa unik terjadi. Salah satunya adalah air sebuah kolam renang yang tiba-tiba bergerak dengan sendirinya dan menimbulkan gelombang hingga setinggi satu meter.

Video air bergerak yang terjadi di kolam renang Tirta Krida, Juanda, Sidoarjo, jawa Timur ini pun langsung menjadi viral di media sosial.

Dari pengamatan di video, tiba-tiba saja air kolam renang bergerak sendiri. Gelombang di air itu terpecah saat menghantam piggiran kolam renang. Secara kasat mata, tak ada sesuatu atau seseorang yang melakukan kontak secara fisik dengan air kolam renang.

Hanya ada satu orang yang terlihat di video. Orang itu duduk dengan kaki terendam di dalam kolam. “Baru kali ini ya Pak Iksan,” ujar orang yang mem-videokan peristiwa itu.

Orang di pinggir kolam renang menjawab bahwa ini bukan pertama kalinya terjadi. “Tiga kali ndan,” jawab orang tersebut.

“Kalau pas di NTT cuma ngombak gini, naik 1 tekel (keramik),” lanjut orang tersebut.

Orang yang mem-videokan kemudian membuat narasi bahwa telah terjadi ‘tsunami’ di kolam renang tersebut. “Di kolam renang telah terjadi tsunami juga, air di kolam ….,” kata orang itu bersamaan dengan selesainya video tersebut.

Peristiwa air kolam renang yang tiba-tiba bergelombang tersebut terjadi di kolam renang Tirta Krida Lanudal Juanda. Peristiwanya terjadi pada Jumat (28/9).

“Berdasarkan keterangan dari Pak Ichsan (43), pengurus Kolam Renang Tirta Krida Lanudal Juanda, bahwa benar adanya pada hari jumat tanggal 28 September 2018, sekira pukul 17.10 WIB kejadian air kolam renang bergelombang dan berombak lebih dari 1 meter dengan durasi kurang lebih 30 menit,” ujar Komandan Lanudal Juanda Kolonel Laut (P) Bayu Alisyahbana dalam pesan yang diterima, Selasa (2/10/2018).

Bayu juga mengatakan bahwa video yang viral tersebut memang benar terjadi dan tak ada rekayasa. “Video yang sedang viral saat ini tentang fenomena air Kolam Renang Tirta Krida Lanudal Juanda benar adanya dan tidak ada unsur rekayasa apapun,” tandas Bayu. (dtc/tea)

JOIN THE DISCUSSION