portaltiga.com
Intermezzo

Diakui Masih Kader, PDIP Beri Sinyal Dukung Gus Ipul Di Pilgub Jatim

Saifullah Yusuf (gusIpul)

 

Portaltiga.com:Peluang Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) memperoleh dukungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terbuka lebar. Ini setelah Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto memberikan sinyal partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu bakal mendukung Gus Ipul dalam Pilkada Jatim 2018 mendatang.

Sinyal dukungan PDIP itu disampaikan langsung oleh Hasto saat menjadi pembicara dalam Seminar Nasional ‘Kembali ke Pancasila’ yang digelar PWNU Jatim, di Hotel Mercure Grand Mirama, Surabaya, Selasa (1/3).

“Antara kader NU dengan PDIP di Jatim sangat dekat. Contohnya kader terbaik yang dimiliki NU yaitu Saifullah Yusuf yang juga Wakil Gubernur Jatim itu, sejatinya merupakan kader PDIP,” ujarnya.

Oleh karena itu, Hasto sangat tidak setuju jika Gus Ipul dikatakan sebagai anak yang hilang. Di mata dia, Gus Ipul adalah seniornya di PDIP. Apalagi, Gus Ipul juga pernah menjadi Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan pada tahun 1999.

“Makanya jangan-jangan Gus Ipul nanti (saat pilgub) kembali ke Bu Megawati Soekarno Putri (Ketua Umum DPP PDIP). Saya yakin jika Gus Ipul kembali ke pangkuan PDIP, maka spirit sosio religious, sosial nasionalisme dan sosio cultural dapat diejawantahkan di Jatim,” katanya.

Pernyataan Hasto tersebut dipertegas usai seminar. Kepada wartawan, Hasto mengaku jika Gus Ipul hingga saat ini memang masih menjadi kader PDIP. Apalagi, Gus Ipul saat ini memang belum memiliki partai politik. “PDIP sekarang tengah menggodok Gus Ipul sebagai salah satu bursa cagub Jatim,” tegasnya.

Gus Ipul sendiri mengaku memang sampai saat ini masih menjadi kader PDIP. Meski begitu, mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) ini membantah telah ada persetujuan jika PDIP bakal mengusung dirinya dalam Pilkada Jatim 2018 mendatang.

“Belum ada apa-apa, sementara masih jalin komunikasi. Bahkan komunikasi tidak hanya dengan PDIP, tapi juga semua partai. Memang antara saya dengan PDIP sudah satu frekuensi memiliki visi dan misi yang sama. Tapi belum ada pembicaraan soal Pilkada,” tuturnya.

Terkait kedekatannya dengan PDIP, Gus Ipul lagi-lagi mengakuinya. Sebab dirinya pernah menjadi anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan pada 1999. “Bahkan saya dulu yang menikahkan Ibu Megawati pada 1996,” ungkapnya. (Bmw)