Di Tengah Pandemi, Ibu SAH Ajak Teladani Dua Pahlawan Nasional

Portaltiga.com – Bakal Calon Wakil Wali Kota Surabaya Siti Anggraenie Hapsari (SAH) berziarah ke makam almarhum Bung Tomo di Jalan Ngagel, dan makam Dr Soetomo di Gedung Nasional Indonesia, Minggu (31/5/2020) pagi. Ziarah ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-727.

Didampingi suami Siswandi dan para relawan, SAH melakukan tabur bunga dan doa bersama di depan pusara Almarhum dua pahlawan nasional ini.

Ibu SAH mengaku sangat menghargai perjuangan Bapak Sutomo atau Bung Tomo yang telah berjuang dan berkorban mempertaruhkan nyawa untuk Surabaya dan negeri ini, sampai titik darah penghabisan.

“Kemerdekaan ini adalah tanggung jawab kita sekarang. Apa yang harus kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan ini,” ujar Ibu SAH yang juga pengurus di DPD Partai Demokrat Jatim.

Selain Bung Tomo yang bergerak mempertahankan kemerdekaan, ada nama besar Dr Soetomo yang berjasa besar dalam bidang pendidikan dan kesehatan di masa penjajahan.

Kata notaris dan aktif di organisasi Ikatan Notaris Indonesia (INI) ini, perjuangan beliau bukanlah hal yang mudah.

“Perjuangan beliau terhadap kesehatan masyarakat, pendidikan dan kedokteran. Di jaman penjajahan beliau berjuang untuk rakyat, bukan sebuah upaya yang mudah di bawah penjajahan Belanda saat itu,” ujar bakal calon wakil wali Kota Surabaya dari Partai Demokrat itu.

Disela-sela kunjungan, SAH menyatakan bahwa ia takjub melihat perjuangan Dr. Soetomo. Menurutnya hal seperti ini dapat dijadikan suri tauladan di tengah masa pandemi covid-19.

“Perjuangan beliau untuk Kota Surabaya dan negeri ini patut kita jadikan suritauladan. Mengingat di tengah musibah yang kita alami saat ini banyak para perawat dan dokter gugur di medan peperangan melawan pandemik covid 19. Mereka adalah para Suhada yang mewarisi jiwa-jiwa Dr Soetomo,” ujarnya berapi-api.

Karena itu, kelak bila SAH dipercaya sebagai pemimpin Kota Surabaya, ia berjanji tidak akan melupakan perjuangan para tokoh-tokoh besar yang ada di Surabaya ini. (tea/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »