Demokrat Jatim Sebar Ribuan Bantuan Warga Terdampak Corona

Portaltiga.com – DPD Partai Demokrat Jawa Timur menyalurkan ribuan paket sembako kepada warga terdampak covid-19 di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.

“Kami menindaklanjuti arahan dari Ketua Umum (Demokrat), Bapak Agus Harimurti Yudhoyono untuk menyalurkan bantuan. Di antaranya dengan menyerahkan paket sembako,” kata Plt Sekretaris DPD Demokrat Jatim, Bayu Airlangga, Sabtu (2/5/2020).

Penyaluran ini akan melibatkan pengurus di tingkat kecamatan (PAC). “Tiap PAC akan menerima puluhan paket sembako yang berisi berbagai bahan sembako,” kata Bayu.

Tak hanya masyarakat umum, Demokrat juga memberikan bantuan ini kepada sejumlah organisasi kemahasiswaan, di antaranya GMNI, HMI, PMII, dan sejumlah elemen mahasiswa lainnya. “Besar harapan kami bantuan ini bisa bermanfaat untuk seluruh elemen masyarakat,” katanya.

Nantinya, bantuan tersebut akan diserahkan selama puasa. Total, dari DPD Demokrat Jatim saja menyiapkan 12 ribu paket sembako.

BACA JUGA: Lawan Corona, Partai Demokrat Serahkan Bantuan untuk Tenaga Medis

Tak hanya di level provinsi, penyaluran bantuan serupa nantinya juga akan diikuti oleh para pengurus di tingkat kabupaten/kota. “Penyaluran bantuan ini program struktur pengurus mulai jenjang pusat yang kemudian diikuti pengurus di bawahnya hingga kabupaten/kota,” kata anggota Komisi A DPRD Jatim ini.

Selain Bayu, pada penyerahan bantuan ini, hadir pula Bendahara DPD Demokrat Jatim yang juga Ketua Fraksi di DPRD Jatim, Sri Subiati dan Wakil Ketua DPD Demokrat Jatim, yang juga Ketua Komisi D DPRD Jatim, Kuswanto. Serta, anggota DPRD Jatim dari dapil Jatim 1 (Surabaya), Hartoyo.

Tak hanya kali ini saja, sebelumnya Partai Demokrat Jawa Timur juga membagikan masker dan hand sanitizer. “Kami memberikan langkah konkret terhadap masyarakat sebagai bentuk kepedulian kami,” kata Plt Ketua DPD Demokrat Jatim, Renville Antonio sebelumnya.

Demokrat Jatim melihat dua kebutuhan tersebut cukup mendesak saat ini. Apalagi, pasokan di pasaran juga cukup langka mengakibatkan harga pun melonjak.

“Kami menyiapkan sekitar 2000 hand sanitizer dan masker yang akan dibagikan oleh kawan-kawan fraksi di DPRD Jatim pada masa reses akhir Maret mendatang,” katanya.

Selain pembagian masker dan hand sanitizer, para anggota dewan juga akan melakukan sosialisasi tentang virus corona. Mulai dari gejala, penyebab, hingga cara antisipasi.

“Masyarakat jangan sampai ketakutan, namun harus melakukan serangkaian langkah antisipasi. Sehingga, kami menginstruksikan kepada anggota dan kader Partai Demokrat melakukan sosialisasi,” kata mantan anggota DPRD Jatim tiga periode ini.

Distribusi bantuan tersebut masuk dalam sepuluh instruksi AHY kepada para kader Demokrat di daerah. Satu di antara instruksinya, AHY meminta kader, terutama yang menjadi kepala daerah dan legislatif untuk melakukan aksi nyata dengan cara menghimpun dan mendistribusikan bantuan.

BACA JUGA: Pria Sukabumi 2 Bulan Hidup di Laut karena Corona

“Teruslah berbuat yang terbaik, sesuai dengan kemampuan kita. Ini adalah Perang Semesta, Total War. Untuk itu, kita harus bersatu dan saling membantu, mengerahkan segenap sumber daya yang kita miliki untuk melawan Corona,” masih dalam petikan instruksi tersebut. (ars/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »