portaltiga.com
Politika

Demokrat Jatim Rayakan HSN di Banyuwangi, dr Agung: Santri Bersatu Hadapi Pandemi

Portaltiga.com – Anggota DPRD Provinsi Jatim dari Fraksi Demokrat, dr Agung Mulyono menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional (HSN) di Ponpes Ibnu Sina, Kecamatan Genteng, Senin malam (25/10/2021).

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hadir secara virtual. Acara ini juga dihadiri Wakil Gubernur Jatim sekaligus Plt Ketua DPD PD Jatim Emil Elestianto Dardak, Ketua Fraksi PD Jatim Reno Zulkarnaen, Ketua DPC PD Michael Edy Hariyanto, KH Masykur Aly hingga 160 Kiai dari Banyuwangi. Hadir juga Forum Kiai Langgar (FOKKAL).

Agung menjelaskan, Maulid Nabi dan Hari Santri Nasional ini memiliki arti yang sangat penting di tengah situasi pandemi Covid-19. Maka, anggota DPRD Provinsi Jatim dua periode ini berharap hari santri kali ini menjadi modal bersatu padu saling menggandeng tangan melawan pandemi.

“Bahwa pandemi ini harus dihadapi bersama-sama tidak ada orang yang tidak merasa bertanggung jawab. Oleh karena itu kita berharap santri terpanggil untuk ikut menyukseskan dan bersatu padu menghadapi pandemi yang luar biasa kontraksi terhadap sendi kehidupan,” ujar dokter alumni Unair ini.

Baca Juga: Emil Rayakan HSN Bersama Kiai Banyuwangi, Ini Pesan AHY

Dokter Agung menambahkan, dalam acara ini juga diserahkan hadiah lomba peringatan maulid Nabi Muhammad SAW dan HSN. Beragam lomba seperti Bahasa Inggris, Kitab Kuning, Bahasa Arab, Tari Zapin, dan Lomba Tabuh Bedug. “Hadiah diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak,” kata dokter yang hobi gowes ini.

Pada kesempatan sama, Emil Dardak mengatakan, HSN merupakan momen untuk mengingat kembali peran santri saat ikut berjuang untuk mempertahankan Kemerdakaan Indonesia, dengan semangat resolusi jihad hingga sampai memeringati 10 November yang merupakan hari Pahlawan terdapat jejak-jejak santri.

“Maka melalui HSN ini, para kiai, santri dan Partai Demokrat memiliki jejak untuk ikut mengarahkan pembangunan sesuai dengan cita-cita pendahulu kita,” ujar Ketua DPD PD Jatim ini.

Sementara itu, Ketua Umum PD AHY dalam sambutannya turut memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada jajaran PD Banyuwangi yang sudah memberikan kontribusi nyata dalam HSN ini.

Melalui lomba-lomba ini, kata AHY, akan memberikan kapasitas dan kreatifitas para santri. AHY juga memberikan apresiasi kepada para kiai, ulama, tokoh masyarakat Banyuwangi yang tiada henti turut menjaga kedamaian.

“Izinkan saya menyapa para kiai, ulama dan guru ngaji, luar biasa terimakasih atas segala perjuangan, Kehormatan dan pengabdiannya untuk terus menjaga nilai nilai suci Islam. Dan juga memiliki dedikasi untuk terus membangun karakter kepribadian para santri dan santriwati yang kita harapkan menjadi pejuang pejuang sekaligus dedekasi untuk bangsa hari ini dan masa depan,” ujar Mas AHY sapaan akrabnya.

“Mudah-mudahan Partai Demokrat bisa kembali memberikan kontribusi yang luas melalui pemerintahan nasional. Sehingga bisa menjalankan program pro rakyat. Mudah-mudahan saya bisa kembali mengunjungi Banyuwangi,” kata AHY.

KH Masykur Aly juga menyampaikan bahwa kesamaan kiai dengan Partai Demokrat yaitu nasionalis religius. “Ada kesamaan antara Kiai dan Partai Demokrat, yakni nasionalis religius,” tegas.

Dalam kesempatan itu, AHY juga menyapa dokter Agung Mulyono, pemilik dapil III Jatim yang meliputi Kabupaten Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso. (gbs/abi)

Related posts

Fraksi Demokrat Jatim All Out Menangkan Paslon 1 di Pilkada Pacitan

admin

Sembelih 12 Sapi dan 6 Kambing, Demokrat Jatim Berbagi Kebahagiaan Bersama Rakyat

admin

Dokter Agung Serahkan 2 Kapal untuk Nelayan Banyuwangi

admin