Demokrat Jatim Instruksikan Kader Gelar Rapid Test Massal Gratis

Portaltiga.com – DPD Demokrat Jawa Timur mengintruksikan kepada kader yang duduk DPRD Provinsi dan kabupaten/kota untuk menggelar rapid test massal di wilayahnya. Langkah itu dilakukan untuk membantu pemerintah menekan penularan Covid-19 yang masih tinggi di Jatim.

“Untuk membantu tugas pemerintah dalam memerangi Covid-19 kami intruksikan agar kader yang duduk di legislatif menggelar rapid test massal. Screening awal ini sangat penting untuk membantu pemerintah terutama mendeteksi adanya Orang Tanpa Gejala (OTG) yang prosentasenya masih tinggi di Jatim,” kata Plt Ketua DPD Demokrat Jatim Renville Antonio, Selasa (16/6/2020).

Data dari Satuan Tugas Covid-19 Jatim, potensi kasus baru Covid-19 dari OTG di Jatim mencapai 35 persen. Jumlah OTG sendiri setiap harinya terus mengalami peningkatan. Pada 1 Juni 2020, jumlah OTG sebanyak 18.647 orang, kemudian pada 2 Juni 2020 sebanyak 18.792 orang, lalu pada 3 Juni 2020 sebanyak 19.090 orang. Berikutnya, pada 4 Juni 2020 sebanyak 19.366 orang, dan data pada5 Juni 2020 sebanyak 19.857 orang.

Baca Juga: Demokrat Jatim Bagikan Ribuan Sembako untuk Mahasiswa

Menurut Renville, dengan melakukan rapid test tersebut, diharapkan masyarakat yang sudah discrening reaktif bisa segera dilakukan test swab oleh pemerintah. Sehingga, kalau memang ada potensi kasus Covid-19 bisa segera diisolasi dan mendapatkan penanganan medis sejak dini.

“Kalau test, tracking dan isolasi ketat dijalankan secara massif di daerah maka potensi penularan akan menurun. Sehingga tambahan kasus baru kedepan bisa segera diminimalisir,” tambah Renville yang juga Bendahara Umum DPP Partai Demokrat.

Renville memuji Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang bekerja sangat keras dalam menangani Covid-19 di Jatim. Menurut dia, banyaknya tambahan kasus baru di Jatim itu disebabkan karena memang test dan tracking yang dilakukan Pemprov Jatim sangat massif.

“Pemprov Jatim sangat agresif dan massif dalam melakukan test massal. Baik itu rapid test dan swab test. Sebagai partai pengusung, Demokrat siap membantu dan memback up penuh Gubernur Khofifah penuh supaya kinerja pemberantasan Covid-19 semakin bagus kedepannya,” pungkas Renville. (wan/abi)

JOIN THE DISCUSSION