portaltiga.com
Advetorial Headline Umum

Daya Beli Membaik, DPRD Surabaya: Sinyal Positif Kebangkitan Ekonomi

Portaltiga.com – Pemkot Surabaya terus melakukan berbagai upaya untuk membangkitkan ekonomi yang terimbas pandemi Covid-19. Salah satu upayanya yakni berjuang keras agar status Kota Pahlawan tetap berada di PPKM level 1.

Dengan PPKM level 1 ini, berbagai aktivitas diberikan kelonggaran. Misalnya, jam operasional mal dibuka lebih lama dan pembatasan jumlah pengunjung mulai tidak diberlakukan alias dilonggarkan. Hal ini dengan target agar aktivitas peekonomian segera pulih.

Upaya ini pun telah menampakkan hasil. Hal tersebut terlihat dari momen Lebaran dan Idul Fitri beberapa waktu lalu. Ini terbukti dari meningkatnya daya beli masyarakat jelang Lebaran di pasar modern maupun tradisonal.

”Saya melihat daya beli masyarakat sudah mulai nampak, ini menjadi sinyal positif kebangkitan ekonomi,” kata Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Surabaya Anas Karno.

Bahkan, kata dia, tren positif geliat perekonomian ini tidak hanya di sektor pangan. Daya beli masyarakat juga menyentuh sektor perdagangan non-pangan. Sebagai contoh, masyarakat ramai atau.menyerbu pasar modern atau tradisional untuk berbelanja baju Lebaran.

Anas Karno menerangkan dirinya sudah melakukan peninjauan aktivitas masyarakat di beberapa tempat perbelanjaan di Surabaya. Dari sejumlah tempar yang didatanginya, ia melihat pengunjung sangat ramai dan stan-stan pedagang banyak melayani pembeli.

Karena itu ia menyebut pertumbuhan ekonomi sudah mendekati normal. “Pertumbuhan tren kebangkitan ekonomi ini harus dipertahankan,” katanya.

”Daya beli masyarakat sudah tinggi, mulai dari pakaian, makanan hingga kebutuhan rumah yang lain juga sudah menunjukkan peningkatan,” lanjut dia.

Diterangkannya, ramainya masyarakat membeli kebutuhan Lebaran di pasar modern atau tradisional merupakan salah satu indikator kebangkitan ekonomi telah berjalan. Di sisi lain, dengan adanya kebijakan pemerintah pusat yang memperbolehkan mudik juga telah mempercepat pemulihan ekonomi itu.

”Ini menjadi berkah Lebaran. Kondisi ini yang mendorong kebangkitan ekonomi,” jabarnya.

Ia pun berharap roda ekonomi yang telah berjalan baik ini bisa ditingkatkan. Kata dia, jika kondisi Covid-19 semakin bisa ditangani, maka semakin cepat pula mendorong membaiknya atau pulihnya ekonomi masyarakat.

“Tentu kita berharap pandemi Covid-19 ini benar-benar segera berakhir. Kalau tingkat penularan Covid-19 terus landai seperti ini,, saya yakin ekonomi masyarakat segera pulih dan normal,” jelas Anas Karno.

Meski demikian, ia tetap mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga dan mematuhi protokol kesehatan. Ia berharap semua pihak bahu membahu memerangi Covid-19. Apalagi sudah ada wacana bahwa pandemi akan diturunkan menjadi endemi. (adv/tea)

Related posts

Khawatir Tidak Tepat Sasaran, DPRD Surabaya Tunda Pembahasan RAPBD Dana Kelurahan

admin

Hearing Rumah Sakit Siloam Cito Gagal Digelar DPRD, Kenapa?

admin

Pandemi Corona 7 Negara Ini Kelar Mei 2020, Indonesia?

admin