Cokelat Asli Sangat Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Otak

Portaltiga.com, SURABAYA – Otak merupakan pusat keseluruhan tubuh yang tidak hanya mempengaruhi fungsi organ-organ tubuh tetapi juga kesehatan mental. Seandainya jantung atau paru-paru berhenti bekerja selama beberapa menit, manusia masih bisa bertahan hidup. Namun jika otak berhenti bekerja selama satu detik saja, maka tubuh manusia akan mati. Itulah mengapa otak disebut sebagai organ yang paling penting dari seluruh organ di tubuh manusia.

Hasil survei PBB tahun ini menyebutkan bahwa kemampuan berpikir di banyak negara, khususnya negara berkembang, mengalami penurunan. Hal ini akibat dari kurangnya pemberian nutrisi otak di masa perkembangan anak dan saat dewasa. Padahal, otak meskipun beratnya hanya 2% dari berat seluruh tubuh, memerlukan 20% darah dari total seluruh darah yang ada di tubuh serta 50% dari seluruh kebutuhan energi tubuh kita.

Semakin sering otak dipakai semakin banyak kebutuhan energi bagi otak. Yang dimaksud energi di sini adalah zat gula (glukosa) dan oksigen. Di dalam otak terdapat neurotransmitter (penghubung antarsel otak) yang membutuhkan asupan nutrisi dan oksigen yang cukup agar otak dapat bekerja optimal.

Chendra juga menjelaskan, bahwa makanan pokok otak ada dua, yaitu oksigen dan nutrisi dari makanan. Nutrisi untuk otak didapat dari karbohidrat, protein, dan lemak sebagai bahan pembentuk sel otak yang sehat sekaligus sumber energi. Nutrisi tersebut bisa didapat dari buah–buahan terutama berries, sayuran, kacang-kacangan seperti kenari, almond, chia seeds, dan juga kakao atau cokelat.

Semakin tinggi massa kakao semakin tinggi pula jumlah flavonol yang dikandungnya.

Berdasarkan Encyclopedia of Healing Foods (Murray, Michael. Atria Books, 2005), cokelat yang baik dikonsumsi adalah Dark chocolate yang mengandung massa kakao minimal 70%. Cokelat susu (milk chocolate) biasanya sudah diformulasikan dengan susu tinggi lemak jenuh dan gula dengan jumlah berlebih. Cokelat organik dan GMO-free.

Head of Product Marketing Dept. PT CNI, Chendra Tirto mengatakan,” Beberapa fakta dark chocolate yang dapat membantu memaksimalkan kerja otak. Dark Chocolate membuat bahagia. Maksudnya Dark chocolate menstimulasi zat endorphins di dalam otak yang merangsang timbulnya perasaan bahagia. Hormon endorphins dapat mengurangi rasa sakit dan efek negatif dari stres. Dark chocolate juga mengandung magnesium yang berfungsi menstimulasi otak agar dapat lebih rileks. Selain itu dark choholate juga dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Flavonoid dalam cokelat terbukti dapat meningkatkan aliran darah yang menuju otak. Harvard medical school study menyimpulkan, mengonsumsi dua cup minuman hangat cokelat dapat meningkatkan aliran darah ke otak 2-3 jam sehingga kemampuan bekerja dan memori otak meningkat hingga 30%. Lancarnya peredaran darah ke otak membantu mengatasi kepikunan dini dan mencegah penurunan mental pada usia lanjut.”

Dark chocolate juga dapat menjaga otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Otak menghabiskan 20% total oksigen yang ada di dalam darah sehingga rentan dengan efek negatif dari radikal bebas. Antioksidan dari cokelat (flavonoid) menjaga sel–sel otak dengan cara menetralisir efek radikal bebas dan mencegah penuaan sel otak.

Chendra menjelaskan, dark chocolate dapat meningkatkan kemampuan belajar, menghafal dan konsentrasi. Flavonoid dari coklat masuk dan terakumulasi di bagian area otak (hippocampus) yang mempengaruhi kemampuan belajar dan mengingat. Cokelat juga mengandung kafein yang dapat meningkatkan kemampuan mengingat dan konsentrasi.

Mengonsumsi dark chocolate dapat meminimalkan kepikunan. Antioksidan dalam cokelat dapat mengurangi risiko dementia (pikun) pada usia lanjut. Flavonol dalam cokelat terbukti membantu perbaikan fungsi otak penderita gangguan kognitif ringan. Mengonsumsi cokelat yang kaya akan flavonoid dapat mengurangi efek kerusakan otak karena usia.

Untuk kemudahan menikmati Dark Chocolate, CNI memiliki produknya yaitu Up Hot Dark Chocolate.

Chendra mengatakan Up Hot Dark Chocolate adalah minuman cokelat instan yang dibuat dari perpaduan bubuk cokelat, ekstrak ginseng, gula, susu skim, dan krimer nabati. Jenis coklat yang digunakan adalah jenis dark chocolate Red Africans Cocoa Powder di mana mengandung 70% kakao dan sisanya adalah lemak coklat.

Dia juga menambahkan dark chocolate jenis Red Africans mempunyai aroma yang harum, warna cokelat yang pekat dan rasa coklat yang yummy. Susu skim di dalamnya membuat rendah lemak dan rendah kalori.

Resep Up Hot Dark Chocolate :
Aneka sajian ini bertemakan dark chocolate yang dibuat dari Up Hot Dark Chocolate. Dark Chocolate mempunyai manfaat mem-booster mood sehingga siapa pun yang mengonsumsinya akan memiliki good mood dan lebih bersemangat.

COCOA LAVA CAKE
Bahan–bahan:
115 g dark compound chocolate, dicincang kasar
85 g mentega
2 btr telur Ayam, seluruh telur ayam (putih dan kuning)
30 g gula astor
30 g tepung terigu
2 sc Up Hot Dark Chocolate
1 g gula icing untuk taburan (bila perlu)
Cara membuat:
Siapkan cetakan muffin sebanyak 5 cup (dapat menggunakan alumunium foil cup). Oleskan mentega dan taburkan sedikit terigu di cup alumunium foil tersebut
Lelehkan mentega dan cokelat di wadah panci yang di bawahnya terdapat air mendidih. Sisihkan.
Campurkan tepung terigu dan Up Hot Dark Chocolate, ayak dan sisihkan.
Kocok telur dan gula kastor dengan kecepatan rendah, lalu lanjutkan dengan kecepatan tinggi, hingga berwarna kuning pucat atau kental. Turunkan kecepatan mixer kemudian masukkan tepung dan lanjutkan dengan memasukkan cokelat leleh. Mixer sampai rata.
Tuang pada loyang muffin sebanyak 3/4 dari tinggi loyang.
Panggang dalam oven dengan suhu 190’C selama 5 menit.
Bila sudah matang, diamkan sebentar lalu keluarkan dari dalam cetakan di atas piring, dan berikan toping atau hiasan di atasnya sesuai selera.
Untuk 10 porsi
GRASS JELLY CHOCOLATE CRUNCHY ICE
Bahan :
3 sc Up Hot Dark Chocolate
150 ml air hangat
150 ml fresh milk
200 g es batu
100 g grass jelly siap pakai
1 scoop chocolate ice cream
Cara Membuat:

Larutkan Up Hot Dark Chocolate dengan air hangat, aduk rata.
Siapkan blender, campur larutan Up Hot Dark Chocolate, fresh milk, selai kacang, es batu, kemudian proses hingga tercampur rata.
Siapkan gelas saji, masukkan ice blend bergantian dengan grass jelly.
Terakhir, ambil 1 scoop chocolate ice cream sebagai topping.
Grass Jelly Chocolate Crunchy Ice siap dinikmati.

JOIN THE DISCUSSION