Ciptakan Generasi Platinum, Morinaga Gelar Roadshow 12 Kota

Portaltiga.com  – Tahukah Bunda bahwa Multitalenta dan Multiple Intelligence (MI) atau Kecerdasan Majemuk adalah dua hal berbeda namun saling berkaitan?

Menurut Choirul selaku Branch Head KN 2 Jatim Morinaga pendekatan MI setiap anak adalah cerdas, namun kadar kecerdasan dalam setiap bidang dapat berbeda.

Kecerdasan adalah keseluruhan kapasitas seseorang dalam mengatasi masalah, sedangkan talenta merupakan kemampuan menonjol seseorang di suatu bidang tertentu. Menurut perspektif Multiple Intelligence, setiap anak memiliki beragam kecerdasan. Namun setiap kecerdasan perlu distimulasi agar berkembang optimal.

Bermain, lanjut dia, merupakan salah satu cara terbaik untuk menstimulasi kecerdasan multitalenta si kecil. Bermain merupakan hal yang sangat natural, menyenangkan, dan yang paling penting adalah bermain juga bisa menstimulasi kecerdasannya.
“Bermain perlu dilakukan anak pada saat usia balita karena proses tumbuh kembang fisik dan otak anak yang optimal terjadi pada usia 5 tahun pertama,” tutur Choirul di sela acara yang berlangsung di Transmart Rungkut Surabaya, Sabtu (28/10/2017).

Masa perkembangan otak ini sekaligus juga masa membangun kecerdasan anak. Jika proses ini berjalan dengan baik, dalam arti anak mendapatkan stimulasi yang cukup sesuai dengan tahapan usianya, kecerdasan tentu akan optimal.

Dalam proses stimulasi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu gaya belajar, pola asuh, dan kecerdasan emosi.
“Anak Generasi Platinum diharapkan memiliki Balance Multiple Intelligence”, yaitu generasi yang cakap dalam segala bidang, baik akademis maupun non-akademis,” kata dia.

Bagaimana menciptakan Anak Generasi Platinum? Kunci untuk menciptakan Anak Generasi Platinum yang multitalenta adalah nutrisi dan stimulasi yang seimbang.

Nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan Si Kecil akan membantu tubuhnya siap menerima stimulasi kecerdasan yang sesuai dengan usianya. Tentunya juga diperlukan sistem pembelajaran yang kreatif dan pola pengasuhan yang tepat dari orang tua.

Dengan sistem pembelajaran yang kreatif, Anak Generasi Platinum akan memiliki kesempatan untuk bermain, bereksplorasi, dan berbagi. Adalah peran orang tua untuk memberikan dorongan agar mereka mampu mengembangkan kemampuan “Self-learning” sehingga menjadi individu yang mandiri. Dengan didukung kesempatan untuk berkembang yang lebih baik, generasi ini diharapkan bisa menjadi bibit unggul yang sarat akan kualitas serta mampu menghadapi tantangan dibanding generasi sebelumnya.

Untuk itu, kata dia, Morinaga melaksanakan rangkaian Roadshow Big Instore Dunia Generasi Platinum di tahun 2017 sebagai bentuk kontribusi Morinaga untuk membentuk Anak Generasi Platinum Multi Talenta.

“Dan untuk membantu anak-anak Indonesia mengembangkan kemampuan multitalenta-nya melalui berbagai perlombaan yang berbasiskan kecerdasan multitalenta. Kegiatan tersebut sudah berlangsung di 12 kota di Indonesia,” tutup Chirul. (dny/abi)

JOIN THE DISCUSSION