Cewek 18 Tahun Ini Berhasil Sederhanakan Teori Einstein, Ini Video Penjelasannya

07/01/2018
58 Views

Portaltiga.com – Bagi beberapa orang, mengenal lebih dalam tentang teori gravitasi kuantum, termodinamika bahkan relativitas seolah menjadi momok tersendiri. Bahkan teori-teori yang masuk dalam cabang ilmu fisika tersebut kerap dihindari karena tak sedikit yang mengalami kesulitan dalam memahaminya. Namun tidak bagi Hillary Diane Andales, remaja berusia 18 tahun ini justru berhasil menyederhanakan Teori Relativitas Einstein agar lebih mudah dipahami.

Gadis asal Filipina ini membuat sebuah video singkat yang menjelaskan tentang Teori Relativitas. Menariknya, Hillary justru berhasil menyederhanakan teori tersebut dengan berbagai animasi dan penjelasan yang mudah untuk dipahami. Berkat kerja keras dan usahanya, Hillary Diane berhasil memenangkan The Breakthrough Junior Challenge 2017 dan mengantongi hadiah dengan total Rp 5,3 Miliar, Rp 3,3 Miliar diberikan dalam bentuk beasiswa.

The Breakthrough Prize kerap diibaratkan sebagai penghargaan Oscars di bidang ilmu pengetahuan. Ajang tersebut bertujuan untuk memberikan penghargaan pada orang-orang yang bekerja di bidang fisika, biologi, ilmu kedokteran dan matematika. Didirikan pada tahun 2012, The Breakthrough Prize disponsori oleh enterpreneur besar di seluruh dunia, termasuk Mark Zuckerberg.

Ini bukan pertama kalinya Hillary mengikuti ajang The Breakthrough Junior Challenge. Di tahun 2016 ia mengikuti ajang yang sama dan meraih prestasi dengan memenangkan vote terbanyak. Namun di tahun 2017, Hillary berhasil mengalahkan 11.000 kompetitor lainnya dan menjadi juara umum.

Memenangkan uang tunai sebesar Rp 2 Miliar tak lantas membuat Hillary lupa diri. Ia justru memberi guru sains yang telah menginspirasinya uang sebesar Rp 674 juta, sedangkan sisanya akan ia sumbangkan ke laboratorium riset negara.

 

 

Dalam video berdurasi 3 menit tersebut, Hillary menjelaskan secara singkat bahwa penerimaan waktu bagi tiap orang bisa berbeda-beda, semuanya tergantung bagaimana dan darimana seseorang mengamatinya. Dimulai dari penjelasan mengenai gelombang suara, yakni suara klakson mobil.

Hillary menerangkan, penerimaan bunyi klason di masing-masing telinga orang tidak bisa sama persis karena semuanya tergantung dimana ia mendengarkan bunyi tersebut. Seseorang yang berada di depan mobil, tentu bisa mendengar lebih jelas daripada seseorang yang berada di dalam ataupun di belakang mobil. Selain itu, ia juga mempraktekkan tentang bagaimana kecepatan dan waktu antara satu orang dengan yang lainnya bisa berbeda hanya karena masalah perspektif.

Pada akhirnya, video yang dibuat oleh Hillary dinilai berhasil menjelaskan tentang Teori Relativitas, terutama untuk orang-orang yang masih awam masalah sains. Tentunya, kamu harus melihat dan menyimak secara langsung video di bawah ini untuk lebih mudah memahaminya! (klc/abi)

Leave A Comment