portaltiga.com
Umum

Cegah Kerumunan Saat Pergantian Tahun, Legislator Demokrat Jatim Dukung Pemberlakuan Jam Malam

 

 

Portaltiga.com:  Anggota Komisi E  DPRD Jatim  Zaenal Abidin mengatakan pihaknya mendukung langkah pemprov yang memberlakukan jam malam di Jatim dalam rangka menekan pandemic Covid-19.

 

“ kalau pemberlakuan jam malam menjadi salah satu solusi untuk menekan pandemi Covid-19 kenapa tidak kita dukung. Kami sangat mendukung sekali jika hal ini merupakan salah satu cara untuk menekan pandemi,”ungkapnya saat dikonfirmasi di Surabaya, Rabu (30/12/2020).

 

Politisi asal Partai Demokrat ini mengatakan salah satu  penyebab mudahnya pandemi Covid-19 adalah adanya kerumunan masyarakat terlebih pada malam hari.” Kita sering jumpai masyarakat sering nongkrong di malam hari tanpa menggunakan prokes (protokol Kesehatan). Hal ini berpeluang besar adanya  terpapar Covid-19,”jelas mantan birokrat ini.

 

Pria kelahiran Sumenep tersebut lalu mencontohkan  kekawatiran munculnya cluster baru saat pergantian tahun 2020 ke 2021.” Masyarakat tentunya akan turun melaksankan pergantian tahun baru dengan turun jalan keliling kota yang tentuna prokes diabaikan dengan munculnya kerumunan. Inilah yang dikawatirkan Pemprov sehingga ada pemberlakuan jam malam,”tandasnya.

Sekedar diketahui, pemberlakuan jam malam di Jatim diketahui dari wakil satgas Covid-19 Irjen Pol Nico Afinta. Menurut pria yang juga Kapolda Jatim ini, pemberlakukan jam malam tersebut  sebagai antisipasi rawan adanya kerumunan saat pergantian tahun 2020-2021 mendatang. Rencananya akan ada pembatasan aktifitas masyarakat pada pukul 20.00 atau jam 21.00 WIB.

 

“Pembatasan waktu sekitar jam 20.00  atau jam 21.00 WIB. Surat edarannya sudah disiapkan oleh Satgas Covid-19. Ini tidak hanya untuk tahun baru saja melainkan seterusnya,”jelas Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta saat di Polda Jatim, selasa (29/12/2020).

 

Mantan Dirtipidum Mabes Polri ini mengatakan pemberlakuan jam malam tersebut juga sesuai dengan maklumat Kapolri untuk menekan pandemi Covid-19 saat pergantian tahun baru dalam upaya menghindari kerumunan masyarakat.

(wan)