Cari Terobosan, Gus Ipul Cangkruk Bareng Anak Muda Inspiratif

10/11/2017
33 Views

Portaltiga.com – Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengisi Hari Pahlawan dengan berkumpul bersama sejumlah anak muda inspiratif dalam acara “Cangkrukan Cari Terobosan” di Surabaya, Jumat (10/11/2017).

Gus Ipul mengatakan, pemerintah di era sekarang tidak boleh lagi menutup diri pada berbagai inisiatif dan terobosan yang datang dari publik. Tak bisa lagi pemerintah merasa sok paling tahu dalam melihat berbagai problem masyarakat.

“Sekarang tak boleh lagi pemerintah, termasuk pemerintah daerah, jalan sendiri, sedangkan publik jalan sendiri. Inovasi-inovasi sosial yang datang dari inisiatif publik harus didukung pemerintah, sehingga di Jatim ini bisa kita wujudkan pemerintahan kolaboratif,” ujar Gus Ipul.

Gus Ipul menambahkan, saat ini zaman sudah berubah. Kepahlawanan muncul dari inovasi sosial untuk menyelesaikan masalah masyarakat.

“Kalau bicara pahlawan, coba bayangkan berapa ribu pedagang rujak cingur dan nasi bebek yang penghasilannya naik gara-gara Gojek ini? Bahkan di Banyuwangi, Gojek sampai bisa membantu mengantar obat ke rumah warga miskin,” kata Gus Ipul.

Gus Ipul melihat, di Jawa Timur banyak anak muda hebat yang berpotensi untuk melahirkan terobosan-terobosan yang membawa manfaat bagi masyarakat.

“Karena itu, hari ini saya mengundang anak-anak muda inspiratif. Saya akan mencatat cerita mereka, karena Jatim ke depan butuh ide-ide segar untuk membangun, untuk menyejahterakan warganya, membuka lapangan kerja baru, meningkatkan mutu pendidikan dan layanan kesehatan, termasuk untuk menyongsong era ekonomi digital,” papar Gus Ipul.

Para anak muda inspiratif yang datang di acara Cangkrukan Cari Terobosan ini di antaranya Nara Linus Pradana (penemu helm berpendingin), Aryo Seno Bagaskoro (pelopor gerakan pelajar Surabaya), Bernardus Raka (pendiri The People Film), dan Faza dan Mizan Sulthon (editor efek visual film-film Hollywood). Selain itu, ada dr Gamal Albinsaid (klinik asuransi sampah), Reno Albra (Lingkar Sinergi), Dalu Nuzlul (Gerakan Melukis Harapan), Harini Lukika (Forum for Indonesia Surabaya), dan masih banyak lagi. (bmw/abi)

Leave A Comment