CAK: Komunitas Tanpa Struktur (2)

Portaltiga.com – Camp Alumni Kegelapan (CAK) dalam perkembangannya, kini tidak hanya digeluti oleh para musisi, namun juga para fotografer, desainer, pelukis dan para penggiat teater.

Uniknya, dalam menjaga kekompakan, mereka menerapkan slogan ‘Loss, Gak Katek Rewel’ (mengalir saja, tidak usah rewel / terjang saja tidak usah merengek). Semuanya dikerjakan bersama, tanpa perlu memikirkan rengekan-rengekan receh tentang tendensi dalam berkesenian dan berkegiatan sosial.

“Maka dari itu di dalam menjalin persaudaraan, kami sepakati bahwa CAK adalah komunitas atau organisasi tanpa struktur. Kalau mau bikin kegiatan, ya mari duduk bareng, kita bicarakan dan kita putuskan bareng,” tukas Dartox, vokalis Dartox and the Gank yang juga seorang juru masak jempolan Sidoarjo.

“Di dalam CAK jangan coba-coba berpikir untuk mendapat penghasilan atau menambah pundi-pundi uang, namun bagaimana caranya kita bisa berbagi penghasilan kita kepada mereka yang membutuhkan,” tambah Anggoro, gitaris Portal Band, sebuah band yang sudah melanglang buana dari Pulau Jawa hingga Bali.

Beberapa bulan lalu, CAK pernah dimintai untuk berperanserta dalam acara launching Kafe Bravo, di Tropodo, serta meramaikan acara musik di Bolodewe & Angkringan Cafe, di daerah Pagerwojo, Sidoarjo. Kedua acara tersebut sukses membuat eksistensi C.A.K semakin dikenal.

“Jikapun memperoleh dana atau kompensasi dari sebuah even, dana tersebut seluruhnya kami sumbangkan kepada anak yatim maupun masyarakat lain yang membutuhkan,” ungkap Tato Tara, anggota CAK yang juga gitaris Sekaring Jagad, band yang membawakan lagu-lagu karya (alm) Gombloh.

Banyak diantara anggota CAK yang pernah merasakan sendiri bagaimana buruknya iklim perkomunitasan di Sidoarjo dan Surabaya. Berkaca dari hal tersebut, maka, selain memiliki karakter sebagai komunitas seniman berjiwa sosial, CAK juga memiliki keunikan sebagai komunitas tanpa struktur yang secara alamiah, berasal dari kesadaran untuk menekan ego masing-masing, dan hasilnya, sejauh ini mereka sangat berhasil menjaga kekompakan dan kebersamaan sesama anggota. (guruh dimas nugraha/abi

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »