Bus Suroboyo Tahap 2 Dilengkapi Kursi Khusus Wanita dan Difabel

Portaltiga.com – Antusias masyarakat akan kehadiran Bus Suroboyo mendapat respon tersendiri oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Bertempat di Balai Kota Surabaya, Jumat(4/1/2019), peresmian tahap 2 Bbus Suroboyo dilakukan. Terdapat 3 armada baru yang melengkapi yang sudah ada menjadi 10 unit, bus Suroboyo ini disuplai langsung dari pihak Mercedes Benz tipe Laksana yang karoserinya ada di Ungaran-Semarang.

Tambahan unit baru ini lebih modern dan dilengkapi CCTV kamera pengawas, Wifi serta charge USB.
“Bus baru ini ada kursi khusus wanita dan kaum penyandang cacat (difabel), hingga lebih nyaman dan dibedakan mana wilayah perempuan dan pria,” ungkap Risma saat pidato.

Dalam kondisi kurang sehat dan ditandu kursi roda, Risma tetap semangat untuk meresmikan bus Suroboyo Tahap 2 ini. Beserta pejabat dan awak media, Risma mencoba salah satu bus double decker dari Mercedes Benz ini.

Kebetulan Risma yang kaki kirinya mengalami sakit dan memakai kursi roda, saat memasuki bus ada track besi khusus untuk kaum disable.

Bus bergerak satu putaran melewati jalan pemuda melewati Surabaya Plaza menuju patung Sudirman dan kembali ke Jalan Walikota Mustajab.

Risma pun bercerita pengalaman sewaktu di luar negeri mengenai bus ke awak media.

Bus Suroboyo ini masih memakai pembayaran non-cash alias memakai botol plastik. Sekali berangkat hanya membutuhkan 3 botol plastik ukuran besar atau 5 buah ukuran sedang. Penumpang bisa langsung menukar botol itu ke tempat pemberangkatan seperti Terminal Bungurasih.
Jika tidak terlalu ribet, penumpang melakukan penukaran jauh hari akan diberikan tiket berupa stiker yang ada masa expired.

Menurut Risma juga, jumlah penumpang meningkat signifikan dari hari ke hari. Jika hari bisa bisa tembus 1400 penumpang jika hari libur Sabtu-Minggu bisa 4000 penumpang. Masyarakat Surabaya punya keinginan mencoba bus Suroboyo yang lagi viral untuk wisata bersama keluarga, tak menutup kemungkinan Risma akan menggratiskan kemudian hari. (fey/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION