Bunga Rafflesia Mekar Di Pekarangan, Warga Mojokerto Heboh

28/10/2017
83 Views

Portaltiga.com – Warga Desa Pesanggrahan, Kutorejo, Mojokerto mendadak heboh, setelah Sebuah bunga rafflesia ditemukan mekar di pekarangan warga. Tak ayal, Kemunculan bunga ini menjadi tontonan warga sekitar.

Bunga rafflesia itu tumbuh di pekarangan milik Khalimin, Dusun Ketidur gang 1, Desa Pesanggrahan. Ukuran bunga ini terbilang jumbo dibandingkan bunga lainnya.

Tingginya dari permukaan tanah mencapai 45 cm. Sementara diameter mahkota bunga yang sudah mekar mencapai 50 cm. Pada bagian tengah bunga, terdapat kuncup sebesar kepala bayi, sedangkan di dalamnya terdapat batang yang dipenuhi butiran warna putih.

“Mekarnya kemarin sore, saat digoyang-goyang bunga ini menebarkan bau bangkai,” kata Ketua RT 2 RW 1 Dusun Ketidur Mulyadi (56) kepada wartawan di lokasi, Sabtu (28/10/2017).

Mulyadi menjelaskan, keberadaan bunga Raflesia ini ada di pekarangan Khalimin sejak tiga hari yang lalu. Hanya saja baru berupa kuncup lengkap dengan batang setinggi 25 cm dan diameter 20 cm.

“Mulai kemarin malam ramai dikunjungi warga, ada yang foto-foto, ada cuma melihat-lihat. Karena memang selama ini belum pernah ada bungai rafflesia di desa ini,” ujarnya.

Lantaran menjadi tontonan warga, kata Mulyadi, pemilik pekarangan dan warga sekitar sepakat untuk merawat bunga rafflesia ini. “Umurnya juga tak lama akan layu dan mati, biar bisa menambah pengalaman warga,” ungkapnya.

Kabar mekarnya bungai rafflesia di Dusun Ketidur membuat penasaran warga sekitar. Tak hanya orang dewasa, anak-anak, remaja hingga ibu-ibu rumah tangga juga dibuat penasaran untuk melihat langsung bunga langkan tersebut.

Salah satunya Kristina Giya Rahayu (35). “Saya penasaran kan belum pernah melihat langsung bungai seperti ini. Baru kali ini bisa melihat langsung,” terang ibu satu anak asal Kutorejo ini. (dtc/tea)

Leave A Comment