Bulan Ramadhan, Bank Muamalat Darmo Salurkan Bantuan Kedua Untuk Dhuafa

Portaltiga.com – Bank Muamalat Cabang Darmo Surabaya melalui Baitulmaal Muamalat kembali melakukan penyaluran dana zakat tahap kedua kepada 100 orang dhuafa di Masjid Darussalam Jalan Kendangsari nomor 17, Tenggilis Mejoyo, Surabaya.

Suasana di Masjid pada Jumat (24/5/2019) mendadak ramai dikunjungi para lansia dan kaum dhuafa. Raut wajah mereka pun tampak berseri ketika mereka mengunjungi Masjid. Selain untuk melaksanakan shalat ashar, para lansia dan kaum dhuafa juga menerima paket sembako dari program lembaga sosial Baitulmaal Bank Muamalat.

Branch Manajer Bank Muamalat Cabang Darmo Surabaya, Rizma¬†menjelaskan, program ini merupakan program lanjutan penyaluran dana zakat secara nasional bertema ‘Pangan Untuk Dhuafa’. Program ini akan dilaksanakan selama tiga kali di masjid yang sama yang dananya bersumber dari para nasabah, pemegang saham, dan pegawai Bank Muamalat.

“Jadi sebenarnya program ini kan diadakan tiga kali. Sebelum Ramadhan, saat Ramadhan, dan Sesudah Ramadhan. Harapannya Saudara-saudara kita yang kekurangan ini dapat menjalani ramadhan dan idul fitri dengan kecukupan pangan,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, program ini merupakan salah satu program dari banyak program yang telah dilaksanakan oleh Baitulmaal Muamalat. Diantaranya adalah program penyaluran zakat infaq secara reguler, program rumah berkah yang merupakan program renovasi rumah bagi kaum dhuafa, lansia, janda tidak mampu, da’i, atau guru ngaji dan program lainnya yang bersifat sosial.

Bank Muamalat akan terus melakukan pemberian sembako kepada para dhuafa sekitar masjid di seluruh Surabaya melalui sistem verifikasi yang ketat agar bantuan dapat tepat sasaran.

Ia berharap dengan pemberian paket sembako senilai Rp 300 ribu per paket bantuan ini dapat meringankan beban kaum dhuafa di sekitar masjid Darussalam.

Perlu diketahui, Bank Muamalat telah berdiri sejak 27 tahun yang lalu dan menjadi bank syariah pertama di Indonesia. Hingga kini telah memiliki 82 kantor cabang, 350 jaringan kantor yang tersebar di 33 propinsi di seluruh Indonesia, dan telah memiliki sekitar 5 ribu karyawan.

“Alhamdulillah Bank Muamalat ini adalah pelopornya. Kami yang pertama. Kami berdiri itu sejak tahun 1992,” pungkasnya.

Dalam kegiatan kali ini Baitulmaal Muamalat juga menyalurkan infaq berupa uang tunai kepada Masjid Darussalam sejumlah Rp 500 ribu yang dapat digunakan untuk pembangunan dan perawatan masjid.

Perwakilan Dewan Penasehat dan dewan pembina masjid Darussalam KH. Khusnul khuluq mengapresiasi langkah bank Muamalat dalam menyalurkan dana zakat. Menurutnya dengan menabung di bank Muamalat berarti dapat membantu kaum dhuafa dan menjaga kehalalan harta nasabah.

“Sehingga dengan menabung di Bank Muamalat dijamin akan kehalalannya sehingga kita yang mendapat halal menerima, dan bagi yang memberi jadi yang termasuk untuk mengetuk pintu surga di bulan Ramadhan ini,” jelasnya. (tea/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION