Brimob Polda Amankan Granat Yang Ditemukan di Pemakaman

23/01/2017
122 Views

Portaltiga.com, SURABAYA – Polda Jawa Timur telah melakukan pengamanan terhadap benda yang diduga bom jenis granat yang ditemukan warga, ketika menggali makam di Makam Islam Keluraham Tenggilis Jl.Raya Tenggilis Utara Surabaya.

Kabid Humas Polda Jatim – Kombes Pol Frans Barung Mangera menjelaskan, pihaknya telah melakukan penjinakan serta melakukan olah TKP, kemudian mengamankan mortir yang diduga memiliki daya ledak besar ini.

“Karena bom itu cukup berkekuatan besar. Ini peninggalan Perang Dunia kedua kalau tidak salah, dan sekarang kita simpan di Brimob Polda Jawa Timur untuk pengamanannya,” jelasnya, Senin (23/1/2017).

Berdasarkan laporan di lapangan, ciri-ciri benda yang diduga bom tersebut saat ditemukan adalah memiliki panjang 15 cm, diameter 5 cm, serta berbentuk oval dengan ujung runcing. Meskipun sudah berkarat, diduga bom tersebut masih aktif.

“Kita temukan ada satu yang besar, yang satu mortir, kemudian satunya lagi itu masih kita identifikasi berbentuk bom atau bukan, karena sifatnya keras seperti besi. Apakah bom atau tidak tetapi tetap kita amankan dua itu dan kita bawa ke Brimob,” imbuhnya.

Saksi atau yang menemukan benda yang diduga bom tersebut adalah Johan (45), penggali makam, Asnan (67), penjaga makam, serta Marsa’id (62), Kepala Satgas Linmas Kecamatan Tenggilis.

Leave A Comment