portaltiga.com
Ekbis

BPIW Kementerian PUPR Dorong Daerah Kembangkan Pembangunan Kota Berkelanjutan

Kementerian PUPR Saat Lounching Buku ‘Inovasi Pembangunan Kota’ Di Garden Palace Hotel-Surabaya, Rabu (27/06/16),

Portaltiga.com –Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong daerah untuk terus mengembangkan pembangunan kota yang berkelanjutan, bukan hanya tingkat lokal tapi nasional bahkan internasional.

Dalam diskusi Parallel Event Prepcom 3 UN Habitat dan Lounching buku terjemahan dari PBB, di Surabaya, Kepala Pusat Perencanaan Kementerian PUPR, Hadi Sucahyono, mengatakan, pembangunan kota berkelanjutan menjadi tantangan bagi kota-kota di dunia saat ini. Untuk itu pemerintah mendorong penuh bagi daerah dalam hal ini kepala daerah untuk terus mengembangkan pembangunan kota.

“Kementerian PUPR menekankan tiga pilar utama untuk mendorong setiap kepala daerah baik Bupati maupun Walikota, dalam pengembangan kota di wiliayahnya bisa menggandeng pihak swasta, kerjasama antar daerah, dan transportasi. Dengan melakukan ketiga hal tersebut, pembangunan kota berkelanjutan akan tercapai.”ujarnya kepada wartawan, di Surabaya, Rabu (27/07/16).

Ia menjelaskan, Kementerian PUPR siap membantu pemimpin kota dan pemimpin lokal lainnya untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam membuat perencanaan kota yang baik. Pertemuan dengan Bupati dan Walikota di Prepcom 3 UN Habitat ini juga untuk mengisi kesenjangan antara teknis dan dimensi kebijakan perencanaan kota.

“Dalam buku Perencanaan Kota untuk para Pemimpin Kota, kumpulan praktik-praktik inspiratif, yang dirilis oleh Kementerian PUPR tujuannya adalah, menawarkan saran praktis dan wawasan tentang bagaimana pemimpin bisa berhasil dalam kapasitas memanfaatkan dan pengetahuan dari masyarakat, profesional, dan sektor swasta dalam menanggulangi kebutuhan mendesak pembangunan perkotaan.”ungkapnya. (Trish)