BNPB: Semburan di Grobogan Hanya Hydrotest

Portaltiga.com – Fenomena semburan lumpur di Grobogan yang membuat heboh netizen, langsung mendapat tanggapan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sempat disebut semburan lumpur, namun ternyata peristiwa itu adalah aktivitas hydrotest PT Pertamina Gas. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho memberi penjelasan melalui akun Twitternya.

“Ini bukan fenomena semburan lumpur seperti lumpur Sidoarjo. Tapi aktivitas hydrotest untuk mengecek kekuatan pipa gas sebelum dialiri gas di Doplang Blora,” begitu bunyi cuitan akun Twitter @SutopoPN, Selasa (23/4/2019).

Masih menurut Sutopo, pengecekan ini sebagai langkah awal untuk membangun jalur pipa gas yang akan segera direalisasikan.

“Pengecekan dilakukan PT Pertamina Gas bagian dari pembangunan jalur pipa gas Gresik-Semarang. Masyarakat diimbau tenang,” lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, fenomena semburan air lumpur terjadi area persawahan yang berada di tepi rel kawasan Grobogan, Jawa Tengah. Videonya di Youtube pun menjadi viral.

Dari video terlihat semburan air lumpur cukup tinggi dan dahsyat, seperti Lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur.

Di beberapa akun Youtube tertulis kejadiannya di Doplang, Grobogan (antara Randublatung-Purwodadi).

Semburannya memang cukup besar. Ini membuat netizen yang melihatnya menjadi khawatir. Banyak pula yang menuliskan doa agar semburan tidak menjadi bencana besar. (bbs/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION