BKD Jatim: Rekrutmen CPNS Yang Beredar Medsos Hoax

 

Portaltiga.com : Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim memastikan berita atau informasi terkait rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Jatim atau jadwal rekrutmen CPNS yang beredar di media sosial (medsos) tidak benar alias hoax.

“Informasi terkait rekrutmen CPNS atau jadwal rekrutmen CPNS yang beredar di media sosial tidak benar dan hanya hoax. Masyarakat harus berhati-hati dengan informasi tersebut,” kata Kepala BKD Jatimn Siswo Heroetoto kepada wartawan di Surabaya, Senin (14/3).

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu masyarakat Jatim dihebohkan dengan pengumuman rekrutmen CPNS di lingkungan Pemprov Jatim palsu yang terbit di salah satu media nasional. Kali ini, informasi yang menyesatkan itu kembali terulang. Bedanya, informasi tentang penerimaan CPNS itu beredar di media sosial (medsos).

Siswo mengaku sering mendapat laporan jika di medsos banyak informasi tentang rekrutmen CPNS di lingkungan Pemprov Jatim. Pihaknya sangat khawatir dengan beredarnya informasi palsu tersebut, karena jika ada masyarakat yang percaya bisa dimanfaatkan oleh oknum untuk melakukan penipuan.

“Sejalan dengan Surat Menteri PAN dan RB Nomor:B/501/M.PAN.RB/01/2016 tanggal 27 Januari 2016 tentang Sanggahan Terkait dengan Adanya Jadwal Penerimaan CPNS Tahun 2016. Dalam surat ini dijelaskan, bahwa beredarnya jadwal rekrutmen CPNS 2016 adalah tidak benar dan menyesatkan,” ujarnya.

Dalam surat Menteri PAN dan RB tersebut juga meminta para pejabat pembina kepegawaian, khususnya gubernur dan wabupati/wali kota untuk segera menginformasikan kepada masyarakat mengenai ketidakbenaran penjadwalan penerimaan CPNS.

Dalam surat itu juga dijelaskan, bahwa sejak 2014 pemerintah telah mengembangkan sistem seleksi CPNS dengan CAT (Computer Asissted Test). Melalui pelaksanaan seleksi dengan sistem CAT tersebut dipastikan tidak ada pihak manapun yang dapat membantu kelulusan peserta, apalagi tanpa mengikuti seleksi akan dapat diterbitkan surat keputusan pengangkatan sebagai CPNS.

Menindaklanjuti surat edaran Menteri PAN dan RB ini, BKD Jatim telah membuat pengumuman khusus yang dimuat di website BKD Jatim dengan lama; http://bkd.jatimprov.go.id/berita-403-informasi-yang-tidak-benar-tentang-jadwal-penerimaan-cpns-tahun-2016.html#.VuZbpdJ961t.

“Dalam website itu kami informasikan jika tidak ada jadwal rekrutmen CPNS Pemprov 2016. Untuk itu, saya ingatkan kembali kepada segenap lapisan masyarakat Jatim agar waspada dan hati-hati terhadap berbagai upaya yang cenderung menyesatkan dan penipuan terkait dengan penerimaan pegawai atau CPNS,” jelasnya. (bmw)

JOIN THE DISCUSSION