Headline News

Besok, 2 Ribu Undangan Hadiri Pelantikan Kepala Daerah Di Grahadi

16/02/2016
234 Views

 

portaltiga.com: Pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah di Gedung Negara Grahadi. Surabaya, Rabu (17/2) malam, bakal dihadiri lebih dari 2.000 orang. Ribuan tamu undangan tersebut, akan ditampung di dalam dan luar Grahadi.

Untuk itu, Pemprov Jatim menyiapkan tenda khusus di luar Grahadi. Tenda khusus tersebut disiapkan untuk yang ingin menyaksikan pelantikan para bupati dan walikota, namun tidak bisa masuk ke dalam Gedung Grahadi.

“Kami memprediksi tamu yang hadir bisa mencapai dua ribu orang lebih. Namun dari ribuan itu tidak bisa semua masuk Grahadi, karena daya tampung Grahadi sangat terbatas,” kata Asisten IV Sekdaprov Jatim, Mudjib Affan, dikonfirmasi, Selasa (16/2).

Dijelaskan, ribuan tamu undangan tersebut terdiri dari keluarga, kolega, kerabat dan tim sukses para pendukung kepala daerah. Mereka tetap hadir, tapi hanya bisa di halaman Grahadi. Undangan dari keluarga kepala daerah dibatas tiga orang saja.

“Tidak bisa masuk dan melihat langsung prosesi pelantikan. Sebab selain terbatasnya kapatasitas Grahadi yang hanya bisa menampung 400 orang, proses pelantikan ini juga diharapkan bisa sacral dan tenang,” ujarnya.

Mengenai teknis pelantikan, sama seperti saat pelantikan Pj (Penjabat) kepala daerah. Yakni, semua kepala daerah yang dilantik mengambil sumpah dan janji jabatan secara bersamaan lantas satu per satu melakukan penandatangan SK pelantikan.

Namun, untuk pelantikan Ketua PKK dan Dekranasda tidak dilakukan setelah pelantikan kepala daerah, tapi dilakukan esok harinya atau pada Kamis (18/2). “Untuk waktu pelantikan ketua PKK dan Dekranasda sama seperti pelantikan kepala daerah yaitu pukul 09.00-12.00 Wib untuk gelombang pertama, dan pukul 13.00-15.00 Wib,” tuturnya.

Untuk gelombang pertama, Gubernur Jatim Soekarwo akan melantik sembilan kepala daerah. Yaitu; Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo, Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi, Bupati dan Wakil Bupati Situbondo, Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto, Bupati dan Wakil Bupati Sumenep, Bupati dan Wakil Bupati Gresik, Bupati dan Wakil Bupati Lamongan, Bupati dan Wakil Bupati Jember dan Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek.

Sedangkan untuk gelombang kedua, kepala daerah yang dilantik yakni; Bupati dan Wakil Bupati Kediri, Bupati dan Wakil Bupati Ngawi, Bupati dan Wakil Bupati Malang, Bupati dan Wakil Bupati Blitar dan Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo. Kemudian Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Blitar.

Pada malam hari setelah pelantikan, Gubernur yang akrab dipanggil Pakde Karwo, akan memberikan pengarahan kepada kepala daerah yang dilantik bersama kepala daerah lainnya, camat se-Jatim dan Forkopimda Provinsi Jatim di Grand City Surabaya. (Bmw)

Leave A Comment