portaltiga.com
Umum

Berkunjung ke Sidoarjo dan Tulungagung, DPP PDIP Dorong Peningkatan Pelayanan Publik

Portaltiga.com – DPP PDI Perjuangan Bidang Politik dan Keamanan melakukan kunjungan ke Sidoarjo dan Tulungagung untuk melihat contoh inovasi pelayanan publik yang sukses. Bagi PDIP, inovasi adalah hal yang wajib dijalankan untuk memenuhi ekspektasi publik yang semakin tinggi terhadap lahirnya pelayanan negara yang mudah, transparan dan pasti.

“Tanpa inovasi, institusi pelayanan publik akan kesulitan dalam menjawab berbagai tantangan di era disrupsi saat ini,” kata Ketua Komite Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi DPP PDIP, Adisatrya Suryo Sulisto, di Polres Sidoarjo, Senin (30/4/2018). Kapolres Sidoarjo Kombes Himawan Bayu Aji menerima kunjungan tersebut.

Pihaknya mendorong perluasan inovasi pelayanan publik berbasis teknologi informasi sebagai wujud kehadiran negara dalam melayani rakyatnya. Semua kader PDIP di eksekutif dan legislatif harus menjadi garda terdepan mewujudkan pelayanan publik inovatif.

“Pelayanan publik inovatif yang mampu menghadirkan kegembiraan bagi rakyat dalam berurusan dengan institusi publik. Ini untuk mengubah stigma lama bahwa berurusan dengan institusi publik itu selalu merepotkan,” tandasnya.

Anggota Komite Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi DPP PDIP, Arteria Dahlan, menambahkan, PDIP selalu menjadi inisiator bagi terwujudnya model pelayanan publik yang memadukan kepemimpinan dari hati dan inovasi. Kepemimpinan dari hati selalu memahami persoalan rakyat dan hadir untuk memberi jawaban atas persoalan tersebut, antara lain melalui inovasi pelayanan publik berbasis teknologi informasi.

“Bertemunya inovasi dan ketulusan hati dalam melayani rakyat adalah kunci bagi terwujudnya pelayanan publik berkualitas, yang muaranya adalah perbaikan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan daya saing bangsa,” ujarnya.

Di Polres Sidoarjo, DPP PDIP melihat sejumlah inovasi pelayanan publik seperti pengurusan SKCK online dan Quick Response Center (QRC). QRC mengelola dan menindaklanjuti berbagai laporan masyarakat, mulai tindak kejahatan sampai bencana yang membutuhkan kehadiran polisi. Sistem tersebut otomatis mengarahkan penanganan ke kepolisian terdekat untuk segera ditindaklanjuti.

Adapun di Tulungagung, rombongan melihat Tulungagung Emergency Medycal Services (TEMS) di RSUD dr Iskak. Sistem itu menjangkau pasien kegawatdaruratan medis hingga ke titik lokasi, pemilahan pasien di RSUD dalam tiga kelompok untuk penentuan standar waktu respons penanganan, serta penanganan dokter khusus emergency.

Inovasi-inovasi itu membuat pasien mendapat layanan optimal serta mampu menurunkan angka kematian. Inovasi itu dilakukan dalam kepemimpinan Bupati Syahri Mulyo yang juga kader PDIP.

“Geliat inovasi dari satu daerah perlu terus dikolaborasikan dengan daerah lainnya, sehingga semuanya bergerak berinovasi. Ini sejalan dengan upaya-upaya pemerintahan Presiden Jokowi yang concern memperkuat inovasi pelayanan publik, bahkan banyak terobosan di era Pak Jokowi seperti reformasi sektor agraria, perizinan, hingga percepatan pembangunan,” jelasnya. (bmw/abi)

Related posts

Rekomendasi Megawati Diberi Kode Rahasia

admin

Basarah Klaim Pakde Karwo Pernah Minta PDIP Usung Gus Ipul

admin

PDIP Minta Armuji Berikan Keterangan Lengkap Soal Kasus Jasmas

admin