Berikan Kenyamanan Pemudik, Dishub Solo Pasang 110 RPPJ

Portaltiga.com – Dinas Perhubungan Kota Solo memasang 110 Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan (RPPJ) di berbagai titik di Solo guna memberikan kenyamanan bagi para pemudik pada lebaran tahun 2018 ini.

Pemasangan rambu berukuran 2 x 1 meter bertujuan untuk mengarahkan pemudik, baik yang menggunakan roda dua maupun roda empat supaya tidak kebingungan atau tersesat ketika pulang ke kampung halaman.

Pemasangan RPPJ dipimpin oleh Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Ari Wibowo. Menurut Ari, pemasangan rambu tersebut dilakukan di jalan utama, baik nasional, jalan provinsi maupun jalan kota.

“Rambu (RPPJ) sebagai pemandu pemudik bukan sebagai jalur alternatif. Tujuannya untuk memperlancar arus mudik dan balik Lebaran,” kata Ari di sela-sela memimpin pemasangan RPPJ angkutan Lebaran di simpang tiga Faroka, Kerten, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (2/6/2018).

Pemasangan RPPJ tahun ini sedikit berbeda dari Lebaran tahun lalu. Biasanya rambu hanya diikatkan dengan pohon maupun tiang, kali ini dibuat semi permanen dengan cara dicor.

Ari mengatakan, pemasangan RPPJ sekaligus untuk mengantisipasi pemudik supaya tidak melintasi jalur kereta api sebidang di Manahan yang saat ini sedang proses pengerjaan megaproyek ovespass.

“RPPJ kita pasang mulai dari ujung masuk hingga batas keluar kota Solo. Supaya pemudik yang pulang kampung melintasi Solo tidak kebingungan menuju tempat tujuan,” ujar dia.

Pada mudik Lebaran 2018 ini, jumlah kendaraan yang masuk Kota Solo diprediksi meningkat 3 persen dari tahun lalu yang hanya 0,98 persen. Lebaran tahun lalu ada sekitar 7,9 juta kendaraan yang masuk ke Solo.

“Tahun ini ada sekitar 8,1 juta kendaraan yang kita perkirakan masuk Solo pada saat arus mudik Lebaran,” imbuh dia.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Solo, Hari Prihatno mengatakan, telah melakukan koordinasi dengan Polresta Surakarta dan Satpol PP serta instansi terkait untuk persiapan menghadapi arus mudik dan balik Lebaran.

Sementara untuk memudahkan pemudik menuju kampung halaman akan dipasang spanduk, baliho dan leaflet.

“Kita sudah melakukan rapat koordinasi dengan Polresta Surakarta dan instansi terkait untuk persiapan arus mudik dan balik Lebaran,” kata Hari. (ksc/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION