portaltiga.com
Umum

Berdayakan Emak-emak Bangkitkan Potensi UMKM Jember

Portaltiga.com – Di masa kini, kaum ibu atau emak-emak tak hanya berperan mengurus anak dan suami di rumah. Karena sejatinya mereka punya potensi yang bisa diberdayakan untuk membantu perekonomian keluarga. Tentunya dengan tidak mengabaikan tugas utamanya mengurus rumah tangga.

Anggota DPRD Jawa Timur, Muhamad Fawait mendorong pemberdayaan potensi emak-emak tersebut. Menurut politikus Gerindra yang akrab disapa Gus Mufa itu, emak-emak bisa berkarya dari rumah.

“Saya mendorong pemberdayaan emak-emak oleh pemerintah daerah maupun provinsi. Emak-emak punya potensi yang bisa diberdayakan tanpa meninggalkan rumah,” tutur Mufa, saat reses di kantor desa Karanganyar, Jember, Senin (1/3/2021).

Anggota DPRD Jatim asal daerah pemilihan (Dapil) V ini menjelaskan, banyak kegiatan yang bisa dilakukan emak-emak dari rumah. Ia mencontohkan, menjahit, menyulam, bordir hingga membuat kue dan kuliner. Semua itu bisa dilakukan dari rumah.

Tentu saja, pengasuh Pondok pesantren Al Qodiri IV berharap adanya bimbingan dan pendampingan dari pemerintah daerah. Diantaranya dengan pelatihan, permodalan hingga membantu akses pemasaran.

“Pemerintah tetap punya kewajiban untuk memberikan pendampingan kepada emak-emak. Karena tanpa pendampingan dan dukungan pemerintah usaha rumah tangga itu sulit berkembang,” ujar Presiden Laskar Salawat, tersebut.

Alumnus Unair dan UGM ini mengungkapkan, pemberdayakan usaha kecil mikro dan menengah atau UMKM penting dilakukan pemerintah. Sebab sektor ini yang paling tahan terhadap krisis ekonomi global. Termasuk di masa pandemi seperti saat ini.

Gus Mufa menilai, para pelaku UMKM ini sebenarnya sangat mandiri. Tapi dengan bntuan permodalan akan membuat usah merek lebih berkembang. Apalagi sebagai kreditor mereka selalu tertib dan patuh. Terbukti angka kredit macet yang berasal dari pelaku UMKM sangat kecil, justru kebanyakan berasal dari pengusaha besar.

“Dengan mendukung pelaku UMKM, termasuk usaha rumahan yang dilakukan emak-emak. Pemerintah bisa mengurangi angka kemiskinan yang selalu menjadi masalah krusial,” pungkas anggota DPRD Jatim dengan perolehan suara terbanyak itu. (dea/abi)

Related posts

Anik Maslachah Resmi Jadi Wakil Ketua DPRD Jatim, Ini Harapannya

admin

PAD Diprediksi Turun Rp 6 Triliun, DPRD Jatim Reschedule APBD Jatim 2020

admin

Dukung Revisi UU KPK, Aliansi Mahasiswa Gelar Aksi Damai di DPRD Jatim

admin