Belum Sepakat APK Dan BK Cagub-Cawagub, KPU Jatim Ingin Senin Depan Sudah Beres

Portaltiga.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim memutuskan untuk menunda Kesepakatan alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye (BK) peserta Pemilihan Calon Gubernur Jatim dan Calon Wakil Gubernur Jatim 2018 hingga hari senin 26 Februari 2018 mendatang.

Anggota KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro ditemui usai rapat koordinasi kedua soal APK, BK bersama tim kampanye Paslon Cagub dan Cawagub di KPU Jatim, Kamis (22/2/2018) mengatakan penundaan ini karena masing-masing tim kampanye belum menyerahkannya secara lengkap APK dan BK.

“Tim kampanye pasangan Khofifah – Emil, dan Saifullah Yusuf – Puti Guntur Soekarno belum menyerahkan hasil final ke KPU, sehingga belum disepakati,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Tim kampanye pasangan Khofifah-Emil Dardak belum menyerahkan desain BK termasuk desain BK-APK tambahan, sedangkan tim pasangan Gus Ipul-Puti belum menyerahkan desain BK-APK serta tambahannya.

Menurutnya, sesuai Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2018, bahwa desain APK-BK harus sudah dicetak lima hari setelah pengambilan nomor urut, tapi karena kedua pasangan belum siap maka KPU menundanya.

“18 Februari sudah dikumpulkan, tapi belum sepakat. Kemudian, ditunda hari ini, tapi tetap belum siap. Hasilnya, disepakati Senin, 26 Februari semua harus selesai sekaligus diplenokan,” ujar Gogot yang juga komisioner divisi sumber daya manusia dan partisipasi masyarakat tersebut.

Sementara itu Ketua Bawaslu Jatim, Muhammad Amin berharap tim kampanye kedua pasangan calon memaksimalkan waktu yang diberikan agar tidak terjadi kembali penundaan dan proses sosialisasi berjalan lancar.

“Tidak ada sanksi meski tertunda, tapi yang dirugikan tentu pasangan calon karena proses sosialisasi gambar APK-BK terlambat,” katanya.

Sementara itu, Tim Hukum dan LO pasangan Khofifah-Emil, Hadi Mulyo Utomo, mengaku masih merumuskan desain final BK dan optimistis selesai sesuai waktu yang ditetapkan.

“Tapi kami tidak khawatir karena pasangan calon sudah bersosialisasi dan memperkenalkan visi misinya ke masyarakat. Yang jelas, pada Senin semuanya sudah siap,” katanya.

Tim Hukum dan LO pasangan Gus Ipul-Puti, Martin Hamonangan, yang mengaku masih dalam tahap akhir tentang desain APK-BK sebelum diserahkan ke KPU Jatim.

“Kami juga tak khawatir, karena Gus Ipul-Mbak Puti selalu sosialisasi. Sedangkan, untuk desain tahapanya terakhir yaitu persetujuan pasangan calon dan Senin semuanya selesai,” ujarnya. (tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION