Bekuk Madura United 4-2, Persebaya Lolos ke Semifinal Piala Gubernur Jatim 2020

Portaltiga.com – Persebaya berhasil membekuk Madura United 4-2 dalam lanjutan Piala Gubernur Jatim 2020. Dengan hasil ini, Persebaya lolos ke babak semifinal.

Pada laga yang digelar di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Jumat (14/2/2020) sore ini, Persebaya langsung memberikan tekanan ke pertahanan Madura United sepanjang lima menit pertama.

David Aparecido da Silva, Bayu Nugroho dan Muhammad Supriadi menjadi ujung tombak Bajol Ijo. Sayang serangan yang dilancarkan belum bisa menembus lini belakang Madura United.

Sejumlah peluang diciptakan Persebaya sejak menit ke-12. Diantaranya melalui sontekan Makan Konate, tetapi masih mengenai badan kiper Satria Tama Hardiyanto yang mengawal gawang Madura United. Kemudian tembakan jarak jauh Hambali Tholib yang bisa dihalau bek Madura United.

Ketika laga berjalan 20 menit, papan skor akhirnya berubah. Makan Konate mencetak gol pertamanya bagi Bajol Ijo. Ia berhasil mengecoh Jaimerson da Silva dan menuntaskannya dengan tendangan jarak jauh yang tak bisa dijangkau kiper Satria Tama.

Meski begitu, Persebaya juga mendapat ancaman dari Madura United. Greg Nwokolo, Brian Ferreira, Alberto da Silva Goncalves hingga Haris Tuharea menekan pertahanan Persebaya. Beruntung aksi mereka digagalkan Koko Ari Araya, Rizky Ridho Ramadhani, Arif Satria sehingga tidak membahayakan gawang Persebaya yang dikawal Rivky Deython Mokodompit.

Menjelang turun minum, Konate mencetak gol keduanya pada laga ini. Ia sukses memaksimalkan umpan terobosan David. Sontekannya tak bisa dihentikan kiper Satria Tama. Persebaya menutup babak pertama dengan keunggulan dua gol tanpa balas atas Madura United.

BACA JUGA: Piala Gubernur Jatim 2020, Persebaya Wajib Menang Lawan MU

Di babak kedua, Madura United langsung bermain menekan di awal babak kedua. Sebuah peluang didapatkan oleh Beto Goncalves dan Greg Nwokolo pada menit ke-46. Namun, sayang, Rivky Mokodompit dan pertahanan Persebaya Surabaya lainnya masih mampu mengamankan gawang dari kebobolan.

Serangan demi serangan terus dilakukan oleh Madura United hingga akhirnya pada menit ke-60 upaya tersebut berbuah hasil. Alberto Goncalves berhasil mencetak gol bagi Madura United setelah menceploskan bola dengan sontekan mudah di depan gawang setelah menerima umpan Brian Ferreira lewat tandukannya.

Membuat kedudukan menjadi 1-2, Madura United makin bersemangat untuk menyusun serangan. Namun, Persebaya justru yang berhasil memperbesar keunggulan menjadi 3-1. David da Silva mencetak gol ke gawang Madura United pada menit ke-64 setelah memanfaatkan bola liar hasil tepisan Satria Tama yang menghalau tembakan Ricky Kambuaya.

Namun, hanya selang satu menit, Madura United kembali mempertipis jarak menjadi 2-3. Sebuah tembakan placing yang dilepaskan oleh Haris Tuharea membuat gawang Rivky Mokodompit jebol untuk kedua kalinya.

Persebaya berhasil menambah pundi gol lagi pada menit ke-80 lewat gol tandukan yang dilakukan Arief Satriya. Memaksimalkan umpan set-piece Makan Konate, Areif yang tidak terkawal di kotak penalti Madura United langsung menanduk bola dengan keras dan menjebol gawang Satria Tama.

Hingga pertandingan berakhir, kedudukan 4-2 untuk keunggulan Persebaya tidak berubah. Tim asuhan Aji Santoso itu pun kini kembali ke puncak klasemen Grup A untuk sementara dengan enam poin dari tiga laga, unggul dua poin dari Bhayangkara FC dan Madura United. (bbs/abi)

Foto: persebaya.id

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »