Bekraf Ingin Ciptakan Generasi Emas Radio di Hari Pahlawan

Portaltiga.com – Radio menjadi media yang bersejarah karena dalam peristiwa 10 November 1945, Bung Tomo mampu membakar semangat arek-arek Suroboyo lewat siaran radio tersembunyi untuk melawan penjajah.

Oleh karena Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali memfasilitasi pelaku kreatif bidang radio dengan menyelenggarakan Workshop Kreatif Bidang Radio di Surabaya Suites Hotel 12-13 November 2018.

Sebelumnya Bekraf telah sukses menggelar acara serupa di beberapa kota yakni Palembang, Yogyakarta dan Makassar. Menurut data Nielsen Radio Audio Measurement (RAM) pada September 2017 mencatat bahwa Palembang, Yogyakarta, Makassar dan Surabaya adalah empat kota yang secara data dapat dilihat eksistensi pendengar radionya dan menunjukkan pertumbuhan pendengar cukup baik. Atas dasar itulah kota Surabaya terpilih menjadi kota keempat diselenggarakannya workshop kreatif bidang radio tahun ini.

“Workshop Kreatif Bidang Radio dimaksudkan menambah pengetahuan dan wawasan, serta memotivasi para penggagas dan pelaku kreatif di bidang radio. Dengan berharap pelaku kreatif dapat meningkatkan kualitas dan kompetensinya untuk ikut berkontribusi dalam pengembangan ekonomi kreatif nasional,” ungkap Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif, Poppy Savitri, Senin (12/11/2018).

Acara yang dibuka oleh Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif Bekraf, Poppy Savitri dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Sinarto menghadirkan narasumber dari kalangan profesional atau praktisi di industri penyiaran, mereka adalah Judha Nielsen, Creative Program Radio, Pati Perkasa; Marketing Radio Specialist Instereo, Solih Aulia; dan Radio Announcer, Ishak dan Daud Tobing. Melalui workshop ini, diharapkan semakin banyak lahir karya-karya kreatif di industri penyiaran radio. (fey/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION