Begini Cara Demokrat Jatim Berkurban di Tengah Pandemi

Portaltiga.com – Setiap Idul Adha, DPD Partai Demokrat Jatim melaksanakan pemotongan hewan kurban. Dilaksanakan di kantor DPD Demokrat Jatim kawasan Jalan Kertajaya Indah Surabaya.

Namun tahun ini berbeda. DPD Demokrat Jatim tidak melakukan pemotongan dan pembagian daging kurban. Sapi dan kambing kurban langsung diserahkan ke beberapa masjid di Surabaya. Ini dilakukan agar tidak terjadi kerumunan, demi mencegah penyebaran Covid-19.

Hewan-hewan kurban itu dari Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) bersama, DPD Demokrat Jatim dan Fraksi Demokrat di DPRD Jatim. Turut hadir dalam acara, sejumlah fungsionaris partai. Ada empat ekor sapi dan tiga ekor kambing yang diserahkan kepada sejumlah masjid.

Penyerahan diberikan secara simbolis oleh Plt Ketua DPD Demokrat Jawa Timur, Renville Antonio kepada sejumlah takmir masjid, Kamis (30/7/2020). Turut hadir dalam acara ini di antaranya, Plt Sekretaris DPD Demokrat Jatim, Bayu Airlangga.

BACA JUGA: Demokrat Jatim Bagikan 1200 Kantong Daging Kurban

Kemudian, Wakil Ketua DPRD Jatim dari Fraksi Demokrat, Achmad Iskandar dan Anggota Fraksi Demokrat di DPRD Jatim, Kuswanto, dr Agung Mulyono, Agus Dono, dan beberapa anggota lainnya.

“Tahun ini berbeda karena memang bersamaan dengan pandemi Covid-19,” kata Renville ditemui di sela acara penyerahan hewan kurban.

“Kami mematuhi protokol sesuai anjuran pemerintah dan menjaga semuanya. Sehingga, kami tidak menyembelih di kantor namun langsung menyerahkan sapi dan kambing ke beberapa masjid,” terangnya.

Diantara masjid yang mendapat bantuan ternak kurban adalah Masjid Al Usman Banyuurip, Al Ahmad Klampis Ngasem Surabaya, Darussalam Gubeng Kertajaya dan Masjid Nasional Al Akbar Surabaya.

Sekalipun demikian, pria yang juga menjabat Bendahara Umum DPP Partai Demokrat ini meyakinkan bahwa kegiatan jurban tahun ini tak mengurangi esensi tujuan beribadah. “Sehingga, kami juga ingin sekaligus meringankan beban masyarakat sesuai dengan syariah agama,” katanya.

“Harapan kami, tahun depan kami bisa kembali menyembelih hewan kurban di kantor DPD Demokrat Jatim. Sebab, kader ingin secara langsung berinteraksi dengan masyarakat penerima hewan kurban,” pungkasnya.

Renville menambahkan bahwa selain penyerahan oleh DPD Demokrat Jatim, beberapa pengurus juga menyerahkan secara langsung kepada takmir masjid di masing-masing daerah. Juga sejumlah anggota Fraksi Partai Demokrat.

Bukan hanya kali ini saja, Ibas juga di tahun sebelumnya berkurban di Jawa Timur. Biasanya, putra mantan Presiden ke-enam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mendatangkan sapi langsung dari Pacitan. (ars/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »